PSM Pertimbangkan Mundur dari Liga Super

VIVAnews - Pengurus Persatuan Sepakbola Makassar (PSM) Makassar kesulitan mencari dana untuk membiayai kelanjutan kebutuhan klub tersebut di Liga Super Indonesia (LSI) 2009. Akibatnya, tim yang digelari Ayam Jantan dari Timur itu terancam mundur jelang putaran kedua nanti.
 
Opsi tersebut mengemuka pada pertemuan internal pengurus PSM Makassar yang dilaksanakan baru-baru ini. "Manajemen sudah tidak bisa menjamin masa depan PSM di putaran kedua. Salah satu opsi yang dipilih, PSM siap menyatakan mundur dari kompetisi," kata Asisten Manajer PSM Bidang Humas, Nurmal Idrus, kepada wartawan, Jumat, 7 November 2008.
 
Nurmal menambahkan, pengurus selama ini telah berbuat maksimal. Termasuk menggandeng salah satu perusahaan semen ternama di Sulawesi Selatan. Namun, hasil yang dicapai belum mampu menutupi seluruh kebutuhan biaya tim. Jangankan untuk menutupi, separuh dari biaya saja sangat sulit, tambah Nurmal.
 
Sebenarnya, PSM masih memiliki dana cadangan. Namun belum ditangani pengurus. Padahal dana tersebut menjadi tumpuan satu-satunya untuk saat ini.
 
"Sisa dana yang tersimpan di Pemerintah Provinsi Sulsel sebesar Rp 1,3 miliar tak bisa dicairkan. Padahal, jika itu turun, pengurus bisa mempersiapkan tim untuk dua kali pertandingan mendatang" ujar Nurmal.
 
PSM Makassar memang masih akan menjalani dua pertandingan kandang, sebelum putaran pertama ISL berakhir. Mantan juara Ligina VI ini, akan menghadapi Persitara Jakarta Utara pada 12 November 2008 dan Persib Bandung 15 November. Setelah itu, nasib PSM akan ditentukan melalui rapat pleno pengurus yang akan digelar minggu depan.
 
"Kita pasrah saja, sambil menunggu mudah-mudahan ada orang atau pengusaha yang mau membantu kekurangan yang dihadapi PSM saat ini," kata Nurmal.
 
Sejak LSI bergulir, pengurus PSM memang telah mengeluhkan kondisi keuangan. PSM paling tidak membutuhkan dana sekitar Rp 22 miliar hingga LSI 2009 berakhir. Namun, dengan modal sekitar Rp 8 miliar saat itu, PSM tetap ikut pada Liga divisi teratas di Indonesia itu.
 
Laporan: Zeena/Makassar

Declan Rice: Rodri Salah Satu Pemain Terbaik di Dunia
Foto : Ketua DPRD Provinsi Jambi Bersama Wakil Beserta Gubernur Jambi

DPRD Jambi Gelar Rapat Paripurna Penyampaian LKPJ Gubernur Jambi 2023

DPRD Jambi melaksanakan rapat paripurna dengan agenda Penyampaian Nota Pengantar LKPJ Gubernur Jambi tahun anggaran 2023

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024