Transisi Presiden Baru AS

Presiden AS Dilarang Pakai BlackBerry

VIVAnews - Selama ini Barack Obama dikenal gemar menggunakan telepon BlackBerry, baik untuk bertelepon maupun untuk mengecek email. Namun, begitu dilantik menjadi presiden Amerika Serikat (AS) 20 Januari 2009, BlackBerry kesayangan Obama akan menjadi "barang haram."    

Itu karena selama empat tahun menjadi presiden, Obama tidak boleh berkomunikasi, baik itu bertelepon maupun email, dengan barang pribadi. Selain karena alasan keamanan, apapun email dan percakapan telepon pribadi yang dilakukan presiden dianggap sebagai "milik umum." Oleh karena itu, rekaman percakapan telepon atau email wajib diserahkan kepada Kongres atau pengadilan bila diperlukan.   

"Jelasnya, dia [Obama] harus steril dari barang-barang eletronik," demikian kelakar Reed Dickens, mantan asisten penasihat pers untuk Presiden George W. Bush. Selama berkampanye pemilu, Obama terlihat sering mengecek email melalui BlackBerry.

Pada musim panas lalu, para juru kamera pernah menyorot teropong kamera mereka ke arah Obama sedang melihat BlackBerry-nya sambil menyaksikan salah satu putrinya bermain sepak bola. Menariknya, istri Obama, Michelle, saat itu langsung menepis tangan Obama untuk tidak bermain-main BlackBerry.

Maka, setelah menjadi presiden, Michelle tak perlu lagi menepis tangan Obama karena dia memang bakal dilarang menggunakan BlackBerry pribadi. Setiap percakapan telepon harus dilakukan Obama melalui telepon kepresidenan.

"Itulah keputusan yang harus dihadapi Obama," kata Scott McClellan, mantan juru bicara Gedung Putih. Para penasihat Obama, menurut McClellan, pasti akan melarang bosnya untuk mengirim email secara pribadi.

Larangan menggunakan telepon dan email pribadi tidak saja dirasakan Obama. Presiden-presiden AS sebelum dia juga mengalami larangan serupa, seperti Bill Clinton dan George W. Bush. Menurut mantan asisten untuk Clinton, Mike Curry, larangan itu berguna agar kegiatan atau kepentingan presiden tidak bisa dilacak oleh umum. 

Tak heran bila beberapa hari sebelum dilantik menjadi presiden 20 Januari 2001, Bush berpamitan kepada teman-temannya untuk tidak menggunakan email selama jadi presiden.

Gandeng IDH.ID, KoinWorks Sediakan Layanan Pay Later bagi UMKM dan Ritel

"Oleh karena saya tidak ingin percakapan pribadi saya dilihat oleh pihak-pihak yang ingin mempermalukan saya, satu-satunya cara adalah tidak berkorespondensi di dunia maya. Inilah yang membuat saya sedih," tulis Bush dalam email ke sejumlah sahabatnya. Namun Bush akan segera bebas bertelepon dan menggunakan email pribadi begitu pensiun sebagai presiden 20 Januari 2009. (AP)

Presiden Joko Widodo (Jokowi)

Jokowi Launches Permanent Housing After Disaster in Central Sulawesi

Indonesian President Joko Widodo (Jokowi) inaugurated several post-disaster tsunami revitalization projects in 2018 during his working visit to Central Sulawesi Province.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024