Gardu Induk Tersambar Petir

Aktivitas Masyarakat Lampung Lumpuh

VIVAnews - Pemadaman listrik total, sejak Sabtu 15 November 2008 yang dialami tiga kabupaten di Lampung akibat travo gardu induk rusak tersambar petir, berdampak  teraganggunya akses pelayanan masyarakat.  

Bahkan, di Lampung Barat, hampir seluruh kantor instansi pemerintah menggunakan genset untu menanggulangi kepentingan operasional administrasi dan sentra komunikasi. Sementara di Kabupaten Way Kanan, jaringan telepon terputus sejak, Senin 18 November 2008.

Iskandar (30) pegawai Pemda Lampung Barat yang dihubungi VIVAnews, Rabu, 18 November 2008 mengatakan pemadaman listrik selama 4 hari terakhir menyebabkan pelayanan kantornya terhadap publik sedikit terganggu.

"Pembuatan KTP ditunda hingga jaringan listrik normal. sementara disini listrik dinyalakan dengan prioritas untuk pengerjaan administrasi dan komunikasi," kata Iskandar.

Sebagai alternatif, semua instansi dinas di lampung barat menggunakan genset agar tetap melakukan pelayanan publik. Sementara industri kecil menengah, pembuatan kripik pisang dan singkong di kabupaten ini memilih mengistirahatkan produksinya.

"Kalau industri dengan modal besar bisa pakai genset, namun rata-rata di lampung barat ini industri kecil dan menengah. jadi kuota produksinya dikurangi hingga 50%." Lanjut Iskandar.

Untuk mengoperasikan genset demi operasional, dalam sehari pemda lampung barat membutuhkan 120 liter solar. fasilitas komunikasi via fax dan telephon di sebagian Wilayah di Kabupaten Way Kanan juga tidak dapat digunakan.

Sementara suasana Wilayah Way Kanan, Lampung Barat, dan sebagian Lampung Utara, di malam hari gelap gulita dan sepi. hanya beberapa rumah yang listriknya tetap menyala karena menggunakan genset. Polisi setempat meningkatkan kewaspadaan karena kondisi seperti ini rentan dengan pencurian dan kejahatan.

Sejumlah masyarakat mengaku pasrah dengan kondisi ini. berita tentang hingga kapan padam total listrik ini akan berlangsung juga simpang siur. Menurut Sumargo, Humas PLN Lampung, krisis listrik yang terjadi di 3 kabupaten di lampung ini akan teratasi Sabtu, 22 November 2008.

Laporan: Agusta Hidayat/Lampung.

Persebaya Bertekad Bangkit Lawan Persib
Konsumen menunjukkan emas batangan yang dibelinya di Butik Emas Logam Mulia, Gedung Aneka Tambang, Jakarta.

Bikin Silau, Harga Emas Antam Kembali Tembus Rekor Tertinggi

Harga emas produksi PT Aneka Tambang Tbk (Antam) dibanderol seharga Rp 1.347.000 per gram pada hari ini, Sabtu 20 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024