Laporan Greenpeace

Perusahaan Sawit Tak Ramah Lingkungan

VIVAnews - Greenpeace mengecam Roundtable on Sustainable Palm Oil (RSPO) sebuah badan industri minyak kelapa sawit yang gagal menindak perusahaan-perusahaan yang terus menghancurkan hutan dan lahan gambut Indonesia. 

Juru Kampanye Greenpeace Asia Tenggara kepada VIVAnews, Jumat 21 November 2008 mengatakan, baru-baru ini tim Greenpeace di lapangan menemukan bukti-bukti baru penghancuran hutan dan lahan gambut Indonesia oleh perusahaan-perusahaan anggota RSPO.

"Sepakan yang lalu Greenpeace mengeluarkan laporan ketiga yang menunjukkan bukti bahwa United Plantations, perusahaan pertama yang menerima sertifikasi RSPO, telah menghancurkan lahan gambut Kalimantan Tengah," kata Bustar.

Dengan demikian, lanjut Bustar, sepanjang dua belas bulan terakhir, Greenpeace telah menerbitkan dua buah laporan, 'Menggoreng Iklim' ('Cooking the Climate'), dan 'Membakar Kalimantan' ('Burning up Borneo').

"Laporan ini menunjukkan bahwa anggota-anggota kunci RSPO, yang perkebunannya belum disertifikasi, secara aktif terlibat dalam pengerusakan hutan tropis," jelasnya. 
 
Untuk mengatasi pesatnya laju kehancuran hutan di Indonesia dan krisis iklim yang dialami saat ini, kepemimpinan kuat dari masyarakat bisnis global adalah sangat penting.
Tetapi RSPO sama sekali gagal untuk menjawab tantangan ini. Minyak kelapa sawit 'ramah lingkungan' akan terus menjadi suatu kebohongan, sementara RSPO jelas-jelas merupakan badan industri yang lemah dan tidak efektif, kata Bustar Maitar
 
Greenpeace menyerukan kepada RSPO untuk mendukung moratorium (jeda tebang) secepatnya terhadap deforestasi dan pembukaan lahan gambut serta mencabut keanggotaan perusahaan yang gagal memenuhi komitmen moratorium.

Greenpeace juga menyerukan Pemerintah Indonesia segera menerapkan moratorium terhadap semua konversi hutan, termasuk perluasan perkebunan kelapa sawit, industri penebangan dan segala bentuk pendorong deforestasi.
 
Laporan: Hafiz Hasian/Riau

Terkuak, Ini Peran 5 Tersangka Barus Kasus Korupsi Timah
VIVA Otomotif: Mitsubishi Pajero Sport dan Toyota Fortuner

Terpopuler: Adu Laris Fortuner vs Pajero Sport, Shin Tae-yong Mudah Beli Palisade

Berita yang membahas mengenai adu laris Fortuner vs Pajero Sport dan Shin Tae-yong mudah beli Palisade, banyak sekali dibaca hingga jadi terpopuler di kanal VIVA Otomotif

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024