Panitia Pengawas :

Telusuri Ijazah 713 Caleg di Garut

VIVAnews - Menyusul banyaknya pengaduan dari masyarakat terkait dugaan ijazah palsu yang digunakan para calon legislatif. Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Garut mulai melakukan penelusuran ijazah 713 orang calon anggota legislatif yang telah ditetapkan KPUD.

Ketua Panwaslu Kabupaten Garut Asep Nurjaman mengatan, pihaknya memang kerap menerima laporan ijazah palsu oleh calon anggota legislatif, saat melakukan pendaftaran ke KPUD Kab Garut.

"Kami akan menelusuri kebenaran," ujar Asep. Penelusuran akan dilakukan di sekolah atau lembaga yang mengeluarkan ijazah tersebut, mulai dari Sekolah Dasar hingga ke perguruan tinggi.

Seluruh Panitia pengawas tingkat kecamatan sudah diintruksikan untuk membantu menanggapi masalah ini. Panwas Kecamatan bahkan mulai bergerak untuk menguji kebenaran adanya pemakaian ijazah palsu para calon anggota legislatif.

Langkah yang diambilnya merupakan wujud untuk menciptakan pemilu yang jujur dan adil, dengan menghasilkan produk legislatif yang dapat dipertanggung jawabkan.
 
Jika terbukti ada calon yang mengunkan ijazah palsu, maka hal ini akan diumumkan kepada masyarakat, Karena menyangkut kredibilitas seseorang, dan tidak bermuatan poltik.

Anggota KPU Kabupaten Garut Dadang Sudrajat, menyatakan 713 orang caleg yang telah ditetapkan sebagai calon anggota ligislatif, telah memenuhi syarat pencalonan. Saat verifikasi factual dan kelengkapan persyaratan, telah dilakukan sesuai prosedur, dan tidak ada masalah.

Pihaknya berharap, tuduhan yang dilayangkan Panwaslu harus dibuktikan sesuai fakta, dan dilaporkan ke pihak KPUD Kabupaten Garut.

"Bila terbukti kami akan langsung memberi sanksi administrasi," pungkas Dadang.

Laporan : Sigit Zulmunir/Bandung

Top Trending: Suami Sandra Dewi Punya Saham Triliunan, Ramalan Jayabaya Soal Masa Depan Indonesia
Nikita Mirzani

Terungkap, Alasan Rizky Irmansyah Sukses Curi Perhatian Nikita Mirzani

Di mata Nikita Mirzani, Rizky Irmansyah adalah sosok laki-laki berbeda dan memiliki daya tarik tersendiri.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024