Malasyia Haramkan Yoga

Yoga Halal ala Wanda Hamidah

VIVAnews - Wanda Hamidah sudah mendengar kabar Malaysia mengharamkan yoga. Ia tak sependapat. Menurutnya, tidak semua gerakan yoga dilakukan dengan mengucapkan mantra.

"Kalau tidak mau pakai mantra, cari guru yoga yang Muslim. Banyak kok. Pelarangan yoga saya nggak setuju, tapi untuk masalah mantra saya sependapat. Hal itu tidak harus diikuti," jelas Wanda saat berbincang dengan VIVAnews, Senin 24 November 2008.

Menurut Caleg PAN ini, semua kembali ke individu masing-masing. Saat sedang bermeditasi misalnya. Inti dari meditasi, kata Wanda adalah olah pernafasan untuk menurunkan emosi. Jika hati tak yakin melakukannya, lebih baik jangan.

Mempraktekkan yoga halal, seleb kelahiran 21 September 1977 ini memilih untuk tidak membaca mantra. "Saya sih baca doa saja ke Allah, Alhamdullilah," imbuh Wanda. Lagipula, lanjutnya, saat bermeditasi, siapa tahu isi hati manusia.

Sebagai salah satu bentuk olahraga, yoga terbukti memberi keuntungan luar biasa untuk fisik dan psikis. Untuk kebugaran, dan belajar meredam emosi. Wanda mencontohkan, saat terjebak macet misalnya, Ia pilih tarik nafas dalam-dalam lalu berzikir. Itu salah satu efek positif yang didapatnya dari olahraga asal India tersebut.

Wanda sudah melakukan  yoga sejak 2002 silam, walau tak rutin. Selama kehamilan anak pertama dan kedua, yoga sangat membantunya. Mantan aktivis '98 ini bahkan menyesalkan Ia tak sempat yoga lagi saat hamil anak ketiga.

Pakar Sebut Kehadiran Anies di KPU Tunjukkan Komitmen Prinsip Bernegara dan Berdemokrasi

Seperti diberitakan sebelumnya, Malaysia mengeluarkan fatwa yoga itu haram. Menyikapi fatwa tersebut, besok Majelis Ulama Indonesia juga akan membahas yoga.

Logo TikTok.

Joe Biden Sahkan Undang-undang yang Membuat Tiktok Terancam Diblokir

Presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden resmi menandatangani undang-undang pemblokiran TikTok, jika ByteDance tidak bisa memenuhi syarat yang diwajibkan oleh AS.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024