Krisis Global

RI-Cina Tunda Kerjasama Militer

VIVAnews - Dampak krisis keuangan global terus memukul berbagai sektor, tidak terkecuali sektor pertahanan Indonesia. Akibat krisis itu, sejumlah kerjasama untuk pengadaan alat transportasi dengan Cina terpaksa ditunda.
 
Kepastian penundaan itu disampaikan Menteri Pertahanan Juwono Sudarsono usai bertemu dengan Menteri Pertahanan Cina Jenderal Chi Wanchun, di Gedung Departemen Pertahana, Jakarta Pusat, Senin 24 November 2008.
 
"Sekarang mereka lagi memusatkan untuk menuntaskan masalah ekonomi dalam negeri terlebih dahulu," jelas Juwono. Sebelumnya, Indonesia melalui Departemen Pertahanan melakukan kerjasama dengan Cina dalam pengadaan sistem transportasi dalam menangani barang dan jasa.

Pengadaan transportasi itu meliputi pengadaan transportasi darat, kapal terbang, dan laut. Namun, akibat dampak krisis keuangan global, Cina terpaksa menunda kerjasama itu. Alasannya, Cina sendiri telah mengucurkan dana sebesar USD 586 miliar untuk pemulihan ekonomi dalam negeri.
 
Untuk tindak lanjutnya, lanjut Juwono, Indonesia masih menunggu untuk pemantapan bagaimana rincian baik dari segi pendanaan atau pengadaan barang itu. "Apakah bisa produksi bersama atau tidak," jelas Juwono.

Ian Wright Sebut 2 Pemain Ini Dibutuhkan Arsenal untuk Taklukkan Bayern Munich, Siapa Mereka?
Toyota Prius 2024

Toyota Tarik Ratusan Ribu Unit Mobil Prius Hybrid di AS

Pabrikan otomotif asal Jepang, Toyota mengumumkan untuk melakukan penarikan kembali atau recall Prius terbaru.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024