300 TKI di Malaysia Kena PHK

VIVAnews - 300 tenaga kerja Indonesia (TKI) yang bekerja di Malaysia pemutusan hubungan kerja (PHK). Akibatnya sejumlah TKI yang bekerja di sektor manufaktur itu dipulangkan ke Indonesia.

Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Erman Suparno mengatakan, untuk menanggapi rencana itu, pemerintah telah membentuk tim antisipasi pemulangan TKI tersebut.

"Saya sudah sempat bertemu Menteri Sumber Manusia Malaysia dan membicarakan kemungkinan terjadi pemulangan," kata Erman di kantornya, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Selasa 25 November 2008. 

Erman mengaku hanya sekitar 150 orang saja yang akan diproses kepulangannya. "Sebagian besar berasal dari sektor manufaktur," tambahnya.

Dalam pertemuan tersebut disepakati, jika terjadi pemulangan Indonesia meminta hak-hak normatif TKI yang dipulangkan untuk dipenuhi. "Itu berlaku bagi pekerja legal, kalau illegal sulit antisipasinya," kata Erman.

Sambil Menangis, Tyas Mirasih Ungkap Kebaikan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina

Selain itu, menteri tenaga kerja kedua negara tersebut juga menyepakati untuk pemenuhan fasilitas proses pemulangan. "Ada beberapa TKI pulang yang biaya perjalanannya ditanggung pemerintah Malaysia,"
ujarnya.

Sementara itu, Erman hingga saat ini sedang menginstruksikan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi di daerah untuk melakukan inventaris keberadaan TKI yang sudah pulang.

Sedangkan untuk antisipasi menambahnya pengangguran akibat kepulangan TKI, pemerintah sedang menyiapkan pembentukan kelompok wirausaha di daerah dengan dana subsidi program. 

Pemerintah Indonesia selama ini telah memberangkatkan ribuan tenaga kerja ke negara-negara lain seperti Malaysia, Jepang, Hong Kong, Taiwan, dan Timur Tengah. "Belum ada sinyal pemulangan dari Jepang dan Timur Tengah," pungkasnya.

Pelatih Arema FC, Widodo Cahyono Putro

Widodo Beri Motivasi Pemain Arema FC Usai Takluk Dari Persebaya

Pelatih Arema FC, Widodo Cahyono putro berusaha memberi motivasi para pemain usai kembali menelan kekalahan secara beruntun di Liga 1. Mereka kalah dari Persebaya.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024