BUMI Naik Karena Valuasi Murah

VIVAnews - Harga saham PT Bumi Resources Tbk (BUMI) masih berpotensi melanjutkan kenaikan hingga Rp 1.200 dalam jangka pendek. Fundamental Bumi yang solid dapat menopang penguatan kembali harga sahamnya.

Senior Vice President PT Indomitra Securities David Ferdinandus mengatakan, valuasi saham Bumi Resources saat ini sangat murah bila dibandingkan level tertinggi Rp 8.550 pada 12 Juni 2008. "Sejak menyentuh level tertinggi Rp 8.500-an, harga BUMI saat ini sudah terkoreksi sekitar 90 persen," kata David kepada VIVAnews di Jakarta, Rabu, 26 November 2008. 

Menurut dia, valuasi yang murah itu mendorong investor untuk kembali mengakumulasi beli BUMI. Meskipun demikian, aksi beli investor tersebut akan dilakukan dalam transaksi jangka pendek.

"Secara kinerja, Bumi tidak ada masalah. Jadi, akumulasi beli yang terjadi cukup wajar," ujar dia.

David menambahkan, tekanan jual pada BUMI mulai mereda, dan menunjukkan pembalikan arah pada transaksi sejak Selasa, 25 November 2008. Pada transaksi kemarin, harga saham Bumi rebound dan menguat Rp 140 ke level Rp 850.

Dalam pandangan dia, tren harga saham Bumi masih akan bergerak positif dengan potensi kenaikan hingga Rp 1.200.

Sementara itu, analis PT BNI Securities Muhammad Alfatih mengatakan, pada transaksi jangka pendek harga BUMI akan mencoba untuk melanjutkan penembusan ke level resistance berikutnya Rp 1.050. Pada transaksi Rabu, 26 November 2008 pagi, harga BUMI telah menembus resistance Rp 890/970.

"Penurunan di bawah Rp 800 dapat dianggap sebagai sinyal kegagalan penguatan jangka pendek dalam pola jangka menengah yang masih dalam tren turun," kata analis Alfatih dalam analisisnya tentang BUMI edisi hari ini.

Hingga 30 menit pertama transaksi hari ini, saham Bumi Resources paling aktif diperdagangkan. Harga BUMI menguat Rp 130 (15,29 persen) menjadi Rp 980 per saham.

Honda BeAT Jadi Incaran Maling bukan karena Tidak Aman
Momen Akrab Prabowo dan Jokowi di Acara Bukber di Istana Negara

Momen Akrab Prabowo dan Jokowi di Acara Bukber di Istana Negara

Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto menghadiri acara buka puasa bersama Ramadan 2024 yang digelar oleh Presiden RI Joko Widodo, di Istana Negara pada Kamis, (28/3).

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024