Malaysia Haramkan Yoga

Syafii Maarif: Jangan Ikut Negara Lain

VIVAnews - Pemerintah Indonesia jangan asal mengikuti kebijakan Malaysia, soal fatwa haram senam pernapasan yoga. Jadi, bila senam tersebut murni olahraga kenapa harus dipersoalkan.

"Jangan ikut-ikut negara lain. Kita pelajari betul terlebih dahulu, mandiri dulu," ujar Mantan Ketua Umum Pusat Muhammadiyah, Ahmad Syafii Ma'arif dalam diskusi "Perlukah Berharap pada Obama" di Gedung Intiland, Jakarta, Rabu, 26 November 2008.

Kendati demikian, Syafii mengaku belumĀ  memelajari senam pernapasan yang berasal dari India itu. Tetapi, Syafii sementara menilai, bila senam tersebut termasuk dalam kategori olahraga maka tidak perlu dikeluarkan fatwa haram. "Kalau murni olahrarga, tidak ada syirik kenapa musti haram. Itu tidak apa-apa, selama tidak ada penyimpangan tauhid," jelas Syafii.

Dewan Fatwa Nasional Malaysia telah mengeluarkan fatwa haram untuk senam yoga. Indonesia, melalui Majelis Ulama Indonesia (MUI) ternyata juga memelajari lebih jauh soal senam yoga. Ketua MUI Pusat, Umar Shihab, mengaku akan membahas soal senam yoga dalam agenda rapat MUI berikutnya.

Tabrak dan Hendak Rampas Mobil, 6 Debt Collector Sadis Ditangkap Polres Labusel
Secret Ingredient Viu

Siap-Siap Baper, Nicholas Saputra Terjebak Cinta Segitiga dengan Aktris Filipina dan Aktor Korea

Berperan sebagai Chef Arif, Nicholas Saputra sedikit banyak juga harus mempelajari soal dunia dapur sebelum memulai syuting.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024