B.J. Habibie:

RI Butuh Pemimpin Pro Rakyat

VIVAnews – Mantan Presiden B.J. Habibie mengatakan Indonesia butuh model pemimpin yang sesuai perkembangan jaman. Tapi, tetap orientasi pemerintahannya kepada masyarakat.

Catherine Wilson Ngaku Malu, Mobil Pemberian Idham Masse Ditarik Pihak Leasing

“Contohnya kalau model kepemimpinan 1945 diterapkan jaman sekarang, tentu berbeda total. Karena ada elemen yang tetap dan ada elemen yang berubah pula,” kata Habibie saat menghadiri diskusi bertema “Apa yang Masih Salah dengan Bangsa Kita” di Universitas Paramadina, Jakarta, Jumat 28 November 2008.

Model kepemimpinan yang dimaksud Habibie adalah yang mampu menyesuaikan diri dengan berbagai aspek kehidupan. “Kalau tidak ada model seperti itu maka langkah yang diambil pemerintah akan acak-acakan atau reaktif,” katanya.

Pengakuan Jujur Shin Tae-yong Usai Ernado Ari Gagalkan Penalti Australia

Habibie mencontohkan model kepemimpinan yang tetap berorientasi pada masyarakat adalah bersedia membangun prasarana ekonomi masyarakat dan menangani masalah ketenagakerjaan.

“Dengan adanya model ini akhirnya pemerintah punya langkah jelas dan nyata. Selain itu, mampu menentukan prioritas,” katanya.

5 Negara yang Pasok Senjata Terbesar ke Israel untuk Lawan Iran, AS Jadi yang Terbesar
Hartono Bersaudara, Pemilik Klub Sepak Bola Italia Terkaya

Hartono Bersaudara, Pemilik Klub Sepak Bola Italia Terkaya

Selama lebih dari sepuluh tahun, konglomerat Hartono Bersaudara yakni Michael Bambang Hartono dan Robert Budi Hartono adalah orang terkaya di Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024