Komputer Jinjing

MSI Wind Dioverclock Maksimal

Microsoft Surface Laptop SE.
Sumber :
  • Gagadget

Masih ingat ketika awal bulan ini MSI meluncurkan BIOS yang membuat pengguna netbook Wind bisa melakukan overclocking terhadap komputer mininya? Pengguna yang menginstalasikan BIOS versi 1.09 tersebut dapat mengoverclock Wind dengan kombinasi tombol Fn+F10 saat netbook sedang mendapat pasokan listrik dari catu daya. Adapun overclock yang dimungkinkan adalah sebesar 8, 16, hingga 24 persen.

Samsung Siapkan Layar OLED Canggih

Munculnya opsi overclocking di BIOS tentu membuat gatal tangan-tangan pengguna yang gemar melakukan overclock. Kenapa harus puas di 24 persen?

Team Australia, overclocker asal negeri kanguru yang menghilangkan rasa penasaran pengguna Wind, khususnya seri U100 di seluruh dunia. Dengan BIOS tersebut, pengguna netbook yang bernyali besar itu berhasil mengoverclock prosesor Intel Atom N270 yang terpasang dan memposting detailnya di xtremesystems.org, forum diskusi penggemar overclocking dari seluruh dunia. 

Pengalaman Horor Bongkar Notebook Hanya Bermodal Tutorial YouTube

Dari kecepatan standar sebesar 1,6GHz, overclocker Australia itu sanggup memaksanya bekerja di kecepatan 2,385MGz. Untuk memungkinkannya, mereka membongkar casing Wind, dan menukar pendinginannya dengan nitrogen cair.

Dari overclock maksimal 24 persen yang dibolehkan MSI terhadap Wind, Team Australia mampu mengoverclock prosesornya hingga di atas 32 persen lebih, atau sebanyak 785MHz. Untuk ukuran notebook, apalagi netbook, overclock sebesar ini merupakan hal yang luar biasa, mengingat notebook umumnya samasekali tidak memberikan peluang untuk dioverclock. Meski sudah menjadi rahasia umum di kalangan overclocker bahwa prosesor mobile (prosesor yang digunakan pada notebook) merupakan prosesor yang menarik untuk diutak-atik kinerjanya.

Cara Acer Bikin Perangkat 2 in 1 Cepat Populer di Indonesia

Meskipun sudah dioverclock, notebook masih dapat bekerja dengan normal. Menurut catatan software pendeteksi Real Temp, suhu prosesor di posisi tersebut adalah 4 derajat Celcius. 

Anda punya MSI Wind U100 atau U90 dan ingin coba-coba overclock, silakan download BIOS tersebut dari situs resminya di sini. Petunjuk update BIOS Wind tersebut yang sangat lengkap dan informatif tersedia di Electric Vagabond.com.

Ilustrasi Membaca

3 Manfaat Notebook alias Planner, Bisa Kurangi Stress

Buat segala sesuatunya lebih terencana akan melepas hormon yang buat muncul rasa terpenuhi dalam diri yang buat bahagia dan mengurangi stress.

img_title
VIVA.co.id
23 Desember 2021