Agung: Pengganti Jimly Harus Ada Tahun Ini

VIVAnews - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat, Agung Laksono mengatakan pengganti Jimly Asshiddiqie sebaiknya sudah ada dalam musim sidang tahun ini.

"Prosesnya seperti apa saya serahkan kepada Komisi Hukum. Apakah mau mengambil nomor urut berikutnya dari seleksi lalu," kata Agung usai bertemu dengan mantan Hakim Konstitusi Jimly Asshiddiqie, Senin 1 Desember 2008.

Sebelumnya, Ketua Komisi Hukum Trimedya Panjaitan mengatakan pihaknya akan menyeleksi dari awal semua calon hakim konstitusi untuk menggantikan Jimly Asshiddiqie. Artinya, kata dia, Komisi Hukum akan melakukan uji kelayakan dan kepatutan kepada semua calon yang berminat menggantikan Jimly.

Menanggapi rencana tersebut, Agung Laksono berperpendapat cara itu akan membutuhkan waktu yang lama.

Dalam pertemuan itu, kata Agung, Jimly menjelaskan bahwa dirinya tidak lagi bertindak sebagai hakim konstitusi."Tapi mengenai sudah ada pengganti atau tidak, dia tetap bersedia membantu kalau diperlukan. misalnya, dalam sosialisasi kebijakan kepada publik," kata Agung. Tentu saja bukan dalam persidangan.

baca juga: Pengganti Jimly Tak Mungkin Tahun Ini

Uji Kesiapan Operasi, Prajurit Puspenerbal TNI AL Gelar Latihan Terbang Malam
Ilustrasi cuaca panas.

Panas Ekstrem Melanda Thailand, 30 Orang Tewas

Thailand mengeluarkan peringatan baru tentang cuaca panas ekstrem dimana pemerintah mengatakan sengatan panas telah menewaskan sedikitnya 30 orang tahun ini.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024