Kasus Susu Cina

Hong Kong Temukan Cadbury Ber-Melamin

VIVAnews - Pemerintah Hong Kong mendapati kandungan melamin dalam coklat Cadbury. Pusat  Keamanan Makanan Hong Kong, Minggu, 5 Oktober 2008, mengatakan bahwa contoh dari dua produk coklat Cadbury yang diproduksi di Cina mengandung kadar melamin lebih tinggi daripada batas yang diizinkan.

Dalam produk coklat hazelnut Bulk Pack (Dairy Milk Hazelnut Chocolate Bulk Pack) ditemukan kandungan melamin sebesar 56 bagian per satu juta. Sementara, coklat biskuit Dairy Milk (Dairy Milk Cookies Chocolate) mengandung 6,9 bagian per satu juta. Padahal batas yang diperbolehkan adalah 2,5 bagian per satu juta.

Sampai saat ini sudah sebelas produk Cadbury produksi Cina di Asia-Pasifik yang ditarik oleh perusahaan permen asal Inggris itu. Namun, hingga kemarin pihak Cadbury di London dan Asia-Pasifik tidak dapat dihubungi.

Pemerintah Iran juga telah mencekal import semua produk berbahan susu buatan Cina. Menteri Kesehatan Cina mengatakan bahwa pencekalan akan terus dilakukan sampai ada pemberitahuan lebih lanjut. Dia juga memerintahkan petugas kesehatan untuk menarik semua produk berbahan susu Cina dari pasaran.

Pemerintah Cina sedang berjuang untuk mengatasi skandal susu bermelamin. Mereka menghukum orang-orang yang terkait dengan skandal tersebut dan berjanji untuk memasok produk susu yang aman ke pasaran.

Tes terakhir terhadap 129 jenis susu formula bayi dan 212 jenis susu bubuk lain tidak menunjukkan adanya kandungan melamin dalam produk tersebut. Demikian dikatakan Administrasi Umum Badan Pengawas Kualitas dan  Karantina Cina dalam situs resmi mereka. Mereka mengambil contoh produk susu yang diproduksi setelah tanggal 14 September 2008, tanggal di mana skandal susu bermelamin mulai merebak. Badan Pengawas Kualitas juga ikut mengawasi proses produksi di tempat-tempat produksi susu formula bayi. Namun, hasil tersebut dianggap hanya untuk merebut kembali kepercayaan publik terhadap susu produksi Cina.

Departemen Pertanian Cina mengaku bahwa mereka menyubsidi para peternak penghasil susu di Cina.   Namun, mereka tidak menjelaskan rincian subsidi tersebut. Akibat skandal susu bermelamin, para peternak merugi karena harus permintaan susu mentah menurun drastis sementara mereka tidak mampu menutup biaya pakan ternak. (ap)

















Suara Golkar di Pemilu 2024 Naik Signifikan, Airlangga: Hitungan Kami Dapat 102 Kursi
Anak selebgram Aghnia Punjabi dianiaya

Anak Selebgram Aghnia Punjabi Diduga Dianiaya Pengasuh, Badan Diduduki hingga Kepala Dibanting

Anak selebgram Aghnia Punjabi diduga dianiaya pengasuh. Wajah anaknya babak belur. Mata kiri lebam, bekas luka di daun telinga, dan bibir juga terluka.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024