Imbas Krisis Global

Desember, Akan Terjadi PHK 23.927 Karyawan

VIVAnews - Departemen Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Depnakertrans) memperkirakan pada bulan krisis sampai akhir 2008 akan ada pemutusan hubungan kerja (PHK) mencapai 23.927 karyawan.

Setuju Pembatasan Impor Barang Jadi Elektronik

"Jumlah ini adalah yang dimonitor sampai dengan November 2008," kata Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Erman Suparno dalam laporan kinerja Depnakertrans kepada Komisi Depnakertrans DPR di gedung DPR/MPR RI Jakarta, 3 Desember 2008.

Menurut Erman, total angka PHK sebanyak itu juga sudah berdasarkan masuknya surat-surat perusahaan ke Depnakertrans. "Kalau yang sudah ter-PHK mencapai 16.988 karyawan atau pekerja. Jumlah itu termasuk kecil, bila dibandingkan tahun-tahun sebelumnya yang meningkat," jelasnya.

Komjak Soroti Penanganan Kasus Dugaan Korupsi Emas di Kejaksaan

Dia menambahkan, jumlah pekerja yang ter-PHK pada 2005, sebanyak 109.382 orang. Sedangkan sampai Mei 2008, jumlahnya turun menjadi 1.535 orang atau turun 98,60 persen dari 2005. "Hal ini akan dilaporkan tersendiri kepada anggota komisi, ujar Erman.

Sementara itu, dalam laporan kinerja Depnakertrans 2008, Erman mengatakan, realisasi penyerapan Anggaran dan Pendapatan Belanja Negara Perubahan (APBN-P) mencapai 73,46 persen, sedang secara fisik yang terserap sebesar 80,68 persen dari APBN-P.

Pada kesempatan itu, dia juga mengakui mengatakan tidak berhasil membangun permukiman trasmigrasi sebanyak 1.077 kepala keluarga (KK) dan penundaaan fasilitas perpindahan trasmigrasi 1.155 KK. "Tidak terlaksananya program tersebut, karena tertunda status lahan yang belum beres," jelas Erman.

Erman juga melaporkan, pemagangan para pekerja ke luar negeri sampai November 2008, mencapai 4.378 orang. Jumlah itu paling tinggi dalam 15 tahun terakhir. "Diharapkan dengan meningkatnya jumlah itu tingkat pemberdayaan dan kualitas pekerja menjadi lebih baik," jelasnya.

Dalam laporan kinerja itu, dia juga akan menyapaikan progres pembangunan dan pengembangan kota terpadu mandiri. Kota-kota itu akan menjadi salah satu contoh kota untuk pembangunan kota yang mandiri ditopang dari berbagai kebutuhan dan fasilitas.

Ilustrasi lokasi pembacokan.

Siswa SMP Dibacok dan Dibegal Saat Pulang Sekolah Sendirian

Seorang siswa SMP di Depok, Jawa Barat, menjadi korban begal. Korban dibacok di bagian punggung hingga luka sobek parah. Korban langsung dilarikan ke rumah sakit untuk me

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024