Warga Sidoarjo Demo Kedutaan Belanda

VIVAnews - Sekitar 83 orang warga korban lumpur di Sidoarjo, Jawa Timur, menggelar aksi demo ke Kedutaan Besar Belanda di Jakarta. Mereka memilih Belanda karena dinilai memiliki lembaga penegakan hukum yang tegas.

"Kita melihat penegakan hukum di Belanda cukup bagus. Ada jaminan dan perlindungan terhadap hak sosial politik ekonomi kepada warga negaranya," ujar koordinator aksi, Sumitro, di depan Kedutaan Besar Belanda, Jakarta, Rabu, 3 Desember 2008.

Massa meminta pemerintah Belanda dapat memberikan kontribusi kepada Indonesia. Kontribusi yang diharapkan warga yakni dengan memberikan pemikiran maupun bentuk bantuan secara konkret untuk penyelesaian masalah korban lumpur Sidoarjo.

"Karena terus terang penyelesaian yang ditawarkan pemerintah Indonesia dari Menteri PU (Pekerjaan Umum) dan menteri lain tidak sesuai dengan yang diharapkan," ujar Sumitro yang memimpin demo warga yang berasal dari enam desa.

Hingga kini, massa yang masih melakukan aksi unjuk rasa sudah menuju ke Istana Merdeka. Massa yang menggelar aksi sudah dua hari melakukan demonstrasi di depan Istana.

Vice President PT Minarak Lapindo Jaya Andi Darussalam Tabusala saat dihubungi VIVAnews, Selasa, 2 November 2008 mengatakan, akan mengitung ulang seberapa besar kesanggupan melunasi sisa pembayaran bagi korban lumpur. Andi menegaskan bahwa perusahaan tetap serius untuk bertanggung jawab membayarkan sisa ganti rugi ke warga.

Saat ini, dia menjelaskan, jumlah berkas untuk warga perumahan Tanggulangin Anggun Sejahtera (Perumtas) sebanyak 6.450 dan yang sudah dilakukan percepatan penyelesaian sebanyak 1.003 berkas. Sisanya, warga memilih kavling di luar. "Sekarang 130 kavling sudah diserahkan dan siap terbangun 277 kavling, dan yang  belum terbangun 696 kavling," jelas Andi.

Dia menjelaskan, 1.200 warga bersedia menerima pembayaran dengan cara cicilan sebesar rata-rata Rp 15 juta, dan sisanya 4.000 warga, masih belum memutuskan dan masih dalam proses. "Kami minta warga untuk duduk bareng dan meminta kebesaran hati masyarakat untuk memahami persoalan kami," tuturnya.

Sopir Taksi Online yang Todong Penumpang Wanita dan Minta Rp100 Juta Jadi Tersangka
Erik Ten Hag

Ten Hag Bawa 3 Pemain Man Utd U-18 ke Tim Senior

Manajer Manchester United, Erik ten Hag telah mencermati tiga pemain tim U-18 yang menampilkan performa menarik pekan ini. Dia membawa para pemain tersebut gabung latihan

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024