Nasib Para Bos Otomotif AS

Selamat Tinggal Pesawat Pribadi...

VIVAnews - Dua pekan lalu, para eksekutif General Motors, Ford, dan Chrysler masih bisa terbang dengan pesawat jet pribadi ke Washington DC untuk memohon bantuan keuangan dari pemerintah. Namun, mulai pekan ini, para bos tiga produsen mobil terkemuka di Amerika Serikat (AS) tersebut harus "turun derajat."

Tidak ada lagi layanan pesawat terbang pribadi maupun fasilitas mewah lain. Gaji tahunan pun dikurangi menjadi satu dolar.

Konsekuensi itu harus diterima para bos GM, Ford, dan Chrysler bila ingin menerima dana talangan (bailout) dari pemerintah, melalui dukungan Kongres, demi menyelamatkan perusahaan mereka dari kebangkrutan. Apalagi permohonan bailout yang mereka usulkan kali ini sebesar US$34 miliar - lebih besar US$6 miliar dari yang mereka ajukan dua pekan lalu.

Nasib itulah yang kini menimpa Chief Executive Officer (CEO) GM, Rick Wagoner. Dua pekan lalu dia masih bisa terbang dari Detroit dengan pesawat pribadi tanggungan perusahaan, saat kali pertama bertemu dengan para anggota Kongres di Washington DC untuk meminta dana.

Namun, saat akan menyambangi Kongres di Gedung Capitol Hill untuk maksud yang sama, Kamis dan Jumat esok, Wagoner tak lagi memakai pesawat melainkan menumpang mobil perusahaan. Dengan jarak tempuh 520 mil (836,9 kilometer), Wagoner akan menumpang sedan berteknologi hibrida, Chevrolet Malibu, dari Deroit menuju Capitol Hill.

Demikian ungkap juru bicara GM, Tony Cervone, Selasa 2 Desember 2008. Namun Cervone tak mengungkapkan berapa lama waktu yang ditempuh dan berapa kali persinggahan yang akan dilakukan Wagoner dalam melakukan perjalanan jauh tersebut.   

Nasib serupa juga dialami CEO Ford, Alan Mulally. Juru bicara Ford Senin lalu memastikan bahwa bosnya tidak akan lagi pakai pesawat jet pribadi, namun dengan berkendara mobil selama kurang lebih 10 jam dengan mobil Ford Escape, juga berteknologi hibrida. Seperti dua pekan lalu, Mulally juga menjalani misi yang sama dengan Wagoner.  

Tak mau kalah dengan dua koleganya, Robert Nardelli dari Chrysler juga bakal naik mobil dari Detroit ke Washington dengan membawa misi yang sama. Tak jelas apa merek mobil yang akan digunakan, yang jelas berteknologi hibrida yang ramah lingkungan dan hemat bahan bakar.

Perubahan moda transportasi para eksekutif tersebut tampaknya akibat hujan kritik yang terlontar dari para anggota Kongres yang mereka temui dua pekan lalu, 19 November 2008. Saat itu mereka dicela karena meminta bantuan dana ke Kongres dengan naik pesawat pribadi. (AP)

Judi Slot Higgs Domino dan Royal Dream Dibongkar Polisi, Omzetnya hingga Rp 30 Miliar
Wang Deshun Kakek 87 Tahun yang Jadi Model di China

Kakek 87 Tahun Ini Bikin Heboh Usai Jadi Model Catwalk di China Fashion Week

Wang Deshun, seorang kakek berusia 87 tahun yang dikenal sebagai aktor dan model fashion, mencuri perhatian pada tahun 2015 dengan tampil di panggung catwalk.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024