Strategi Merebut Nasabah Kaya

Rubrik Konsultasi Wealth Management diasuh oleh sejumlah konsultan seperti konsultan dari Certified Wealth Managers Association (CWMA) dan Asosiasi Pengelola Reksa Dana Indonesia (APRDI). Pembaca dapat mengirimkan pertanyaan atau berkonsultasi seputar masalah  wealth management dan reksa dana.  Pertanyaan dapat dikirim lewat email: redaksi@vivanews.com, surat dialamatkan ke redaksi Vivanews.com di Menara Standard Chartered Lt. 31, Jl. Prof. Dr. Satrio No. 164, Casablanca, Jakarta atau Fax. 62-21 25532563.

------------------------------------------------------------

PERSAINGAN bisnis di sektor perbankan saat ini sudah semakin meningkat. Beberapa pelaku di sektor perbankan mulai melakukan strategi penetrasi khusus kepada para customer/calon customer yang berpendapatan tinggi (high networth individual).

Mereka mengembangkan grup/divisi priority banking ataupun grup/divisi wealth management. Adapun tujuan dari strategi pengembangan pada grup/divisi priority banking ataupun grup/divisi wealth management ini tidak lain adalah ingin memberikan kepuasan dan nilai tambah yang lebih kepada para customer-nya.

Baik itu nilai tambah dari segi variasi produk jasa keuangan yang ditawarkan (kombinasi dari produk perbankan, investasi, hingga asuransi) maupun pelayanan jasa keuangan lain. Melalui upaya itu diharapkan loyalitas customer akan meningkat karena adanya konsep wealth management yang komprehensif dan menyeluruh di bawah satu atap (one stop financial services).

Tentunya diharapkan, perolehan dana pihak ketiga (DPK) pada akhirnya akan semakin meningkat, sehingga berdampak pada peningkatan bottom line dari lembaga perbankan tersebut (profitabilitas).

Pangsa pasar untuk high networth individual (HNWI) di Indonesia saat ini diyakini masih sangat besar. Bahkan, dalam suatu seminar nasional, seorang pembicara menyatakan bahwa ada puluhan miliar dolar aset orang Indonesia yang di parkir di luar negeri, khususnya di Singapura. Lebih kurang 80 persen dari seluruh aset private banking/ priority banking di Singapura adalah milik orang Indonesia.

Jadi bisa dibayangkan betapa besarnya peluang pasar tersebut di Indonesia jika benar-benar dapat menggarap potensi yang ada. Potensi pasar inilah yang kemudian menjadi satu daya tarik yang luar biasa, sehingga begitu banyak UFO (unidentified financial officers/wealth manager yang ilegal) yang berkeliaran dan beroperasi di Indonesia.

Para UFO (wealth manager ilegal) tersebut kebanyakan berasal dari negara-negara seperti Singapura, Malaysia, Australia dan Hong Kong. Dalam kondisi demikian, kita sulit untuk menolak kehadiran mereka, karena seperti pepatah mengatakan, ada gula pasti ada semut.

Itulah kenyataannya, terlepas dari apakah kita setuju atau tidak dengan praktik-praktik seperti ini. Namun, satu hal yang pasti adalah persaingan itu sendiri.

Di samping karena beragam dan menariknya produk-produk jasa keuangan yang di tawarkan oleh para UFO tersebut, juga karena kemampuan dan kompetensi profesional individu di bidang perencanaan keuangan yang jauh di atas kualifikasi sumber daya manusia yang kita miliki.

Kondisi ini tentu tidak lepas dari pengaruh budaya mereka yang suka belajar dan tak henti-hentinya menambah pendidikan profesi di bidang wealth management secara khusus. Di lain pihak, kita tentu juga menyadari bahwa sekarang ini bukan zamannya lagi untuk meminta proteksi dari pemerintah, khususnya pada era kompetisi global saat ini.

Desi Armadiani, CWM
Sekretaris Jenderal
Certified Wealth Managers’ Association(CWMA)

Ramalan Zodiak Sabtu 20 April 2024, Sagitarius: Hati-hati dengan Teman Dekat

-------------------------------------------------------

Jadwal Pendidikan CWMA

1.  WM01 Jakarta 16

Jadwal Mobil SIM Keliling DKI Jakarta, Depok, Bandung, Bekasi Sabtu 20 April 2024

Hari/tanggal  :
Selasa-Kamis, 2-4 Desember 2008 (Pendidikan)
Sabtu, 6 Desember 2008 (Ujian)

Pukul :
08.00-17.00 WIB (Pendidikan)
14.00-16.00 WIB (Ujian)

7 Manfaat Tempe untuk Kesehatan Tubuh, Jadi Sumber Protein untuk Kesehatan Tulang

Materi:
Fundamental of Weath Management

Tempat:
Kampus MMUGM
Jl. RP. Soeroso No. 2 - 4 (Ex. Bapindo),
Gondangdia-Cikini, Jakarta

2.  WM03 Jakarta 8

Hari/tanggal : 
Selasa - Kamis, 16 - 18 Desember 08 (Pendidikan)
Sabtu, 20 Desember 08

Pukul:
08.00 - 17.00 WIB (Pendidikan)
14.00 - 16.00 WIB (Ujian)

Materi:
Risk Management & Insurance

Tempat : 
Kampus MMUGM
Jl. RP. Soeroso No. 2 - 4 (Ex. Bapindo),
Gondangdia-Cikini, Jakarta

Untuk Informasi lebih lanjut Hubungi :
Sekretariat CWMA :
Retno (Hp. 0812 8762 652) & Shelie (Hp. 0813 8017 3960)
Phone    :  62.21. 7331745 / 73447645
Fax    :  62.21. 73447645 / 7330485,  E-mail : secretariat@cwma.or.id

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya