Dorong Investasi, Belanda Hibah US$ 6,75 Juta

VIVAnews - Bank Dunia menandatangani kesepakatan dengan Pemerintah Kerajaan Belanda mengenai penyediaan hibah sebesar US$ 6,75 juta. Dana ini ditujukan untuk mendorong implementasi kebijakan dan promosi investasi di Indonesia agar lebih baik.

Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu mengatakan, hibah ini diberikan untuk mendorong investasi melalui Multi-Donor Facility for Trade and Investmen Climate (MDF-TIC). "Ide pokoknya bagaimana mendapatkan bantuan untuk meningkatkan kapasitas kelembagaan yang lebih baik," ujarnya dalam jumpa pers di Hotel Borobudur, Jakarta, Jumat 5 Desember 2008.

Hari ini adalah pertemuan pertama Komite Pemberi Saran Kebijakan MDF-TIC yang diselenggaran di bawah pimpinan bersama Menteri Perdagangan dan Menteri Perekonomian.

Proyek-proyek yang didukung fasilitas ini adalah penguatan kelembagaan Departemen Perdagangan, peningkatan daya saing perdagangan, penguatan stabilitas sektor keuangan, dan reformasi peraturan untuk meningkatkan iklim investasi.

Mari menurturkan, kebijakan dan pertemuan ini telah disusun jauh sebelum krisis. Langkah ini diperlukan antara lain untuk melakukan reformasi birokrasi. Dengan begitu, katanya, iklim investasi di Indonesia bisa lebih terjamin.

"Indonesia saat ini menghadapi tantangan bagaimana mempertahankan pertumbuhan perdagangan," ucap Mari. Oleh karena itu sangat penting bagi lembaga-lembaga konomi untuk memiliki kapasitas dan kebijakan yang lebih efektif dalam membantu menciptakan pasar baru.

Proporsinya dari dana hibah yang diberikan, sekitar 60 persen nantinya akan dimanfaatkan oleh Departemen Perdagangan. Sebesar 40 persen sisanya, ujar Mari, dipakai untuk memperkuar koordinasi di Kementrian Koordinator Perdangangan.

Fasilitas ini akan dikelola oleh Bank Dunia dalam waktu empat tahun. Setiap kuartal komite pengelola yang terdiri dari perwakilan tinggi Departemen Perdagangan, Kementrian Koordinator Bidang Perekonomian, Bank Dunia, Pemerintah Belanda, dan donor potensial akan bertemu mendiskusikan proposal proyek.

Meninggalnya Babe Cabita Ternyata Bikin Para Sahabat Iri, Kok Bisa?
Drama Crash

Drama Korea Crash Akan Tayang Perdana di Disney+ Hotstar pada 13 Mei 2024

Sebuah gebrakan baru dalam dunia hiburan akan segera hadir dengan kehadiran drama Korea yang menarik perhatian berjudul Crash. Drama ini akan tayang perdana pada 13 Mei.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024