Korupsi Damkar

Anak Hari Sabarno Diperiksa KPK

VIVAnews - Fery Indrayudha diperiksa Komisi Pemberantasan Korupsi. Feri diperiksa sebagai saksi dari tersangka kasus korupsi pengadaan alat berat dan pemadam kebakaran, Oentarto Sindung Mawardi.

Juru bicara Komisi Pemberantasan Korupsi, Johan Budi SP, menjelaskan Feri diperiksa sebagai saksi. Namun Johan belum mengetahui identitas Fery. "Saya cek dulu," ujar Johan di Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi, Jakarta, Jumat 5 Desember 2008.

Informasi yang dikumpulkan, Fery adalah putera dari mantan Menteri Dalam Negeri, Hari Sabarno.

Sejak pagi pengawal pribadi Hari Sabarno terlihat berada di Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi. Menjelang tengah hari pengacara Hari, ikut datang. Namun ia enggan menjelaskan tentang kedatangannya. Ketika ditanya apakah tengah mendampingi Hari Sabarno, ia menjawab, "Memangnya klien saya hanya Pak Hari," ujarnya singkat.

Dalam kasus korupsi pengadaan pemadam kebakaran ini, komisi sudah menjerat sejumlah kepala daerah. Terakhir, komisi menjerat mantan Gubernur Jawa Barat, Danny Setiawan, mantan Kepala Biro Perlengkapan Pemerintah Provinsi Jawa Barat Wahyu Kurnia, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Barat Ijudin Budhyana, dan rekanan pengadaan Yusuf Setiawan sebagai tersangka untuk pengadaan pemadam kebakaran di Jawa Barat.

Pengadaan alat berat dan pemadam kebakaran ini didasarkan pada radiogram yang dikeluarkan Direktur Jenderal Otonomi Daerah Departemen Dalam Negeri, Oentarto Sindung Mawardi. Radiogram itu menjadi bermasalah, karena berisi petunjuk pengadaan alat pemadam kebakaran. Dalam radiogram itu juga disebut mengenai spesifikasi alat yang harus dibeli dan spesifikasi itu hanya dimiliki oleh PT Istana Sarana Raya.

Oentarto sendiri akhirnya ditetapkan sebagai tersangka kasus pengadaan ini.

Dalam pemeriksaan sebelumnya, Oentarto mengaku radiogram itu dikeluarkannya di bawah ancaman senjata api milik Direktur PT Istana Sarana Raya Hengky Samuel Daud, yang kini menjadi buronan komisi antikorupsi. Hengky beralasan Hari Sabarno, Manteri Departemen Dalam Negeri saat itu, memerintahkan Oentarto segera menandatangani radiogram.

Top Trending: Suami Sandra Dewi Punya Saham Triliunan, Ramalan Jayabaya Soal Masa Depan Indonesia
Nikita Mirzani

Terungkap, Alasan Rizky Irmansyah Sukses Curi Perhatian Nikita Mirzani

Di mata Nikita Mirzani, Rizky Irmansyah adalah sosok laki-laki berbeda dan memiliki daya tarik tersendiri.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024