Menteri Perumahan Rakyat Yusuf As'ari

"2009 Subsidi Rumah Sebesar Rp 2,5 Triliun"

VIVAnews - Kementerian Perumahan Rakyat menyiapkan anggaran dana subsidi perumahan sebesar Rp 2,5 triliun pada tahun 2009. Dana tersebut dialokasikan untuk membangun 170 ribu unit rumah sederajat dan 44 ribu unit rumah susun.

Menteri Perumahan Rakyat Yusuf As’ari mengatakan jumlah tersebut masih belum cukup untuk program subsidi rumah bagi rakyat miskin. Karena itu, dia berharap pemerintah mengalokasikan dana 1 persen dari total anggaran Negara, dan selama ini kementrian perumahan rakyat hanya memiliki dana 0,25 persen.

"Saat ini program bantuan perumahan rakyat miskin diseluruh daerah masih belum maksimal, untuk itu pemerintah daerah dapat mengalokasikan dana APBDnya untuk perumahan," kata Yusuf As'ari di pendopo Gubernur Nusa Tenggara Barat, Jumat 5 Desember 2008.

Selain itu, masyarakat juga diminta berperan mendukung program tersebut. “Pemerintah daerah punya kewajiban untuk memberikan subsidi rumah untuk masyarakat miskin," ujar dia.

Sementara, anggaran RP 2,5 triliun akan disalurkan melalui kredit kepemilikan rumah, dan subsidi akan diperoleh bagi mereka yang cepat mengajukan kredit pemilikan rumah di bank. "Setelah sesuai persyaratan dan disetujui bank, pihak bank akan menyampaikan permohonan dana ke kementrian perumahan rakyat," jelasnya.

Terdakwa Yosep Subang Diadili Bunuh Istri dan Anak Demi Uang, Korban Dibacok Pakai Golok

Diluar dana tersebut kementrian perumahan rakyat juga memiliki dana rutin Rp 900 juta yang  dialokasikan untuk gaji dan program swadaya yang diberikan secara merata ke semua daerah. Terkait program tersebut pemerintah akan memberikan subsidi sembilan juta rupiah bagi masyarakat.

Sementara, Provinsi Nusa Tenggara Barat, mendapat bantuan program stimulan pembangunan rumah swadaya, untuk 2009 akan membangun 500 unit rumah di NTB.

"TB masih banyak peluang untuk membangun rumah untuk masyarakat miskin. Kami harap semua pihak baik masyarakat maupun swasta ikut membantu," jelas dia.

Bank Muamalat Cetak Laba Rp 14,1 Miliar pada 2023, Aset Tumbuh 9 Persen

Laporan: Edy Gustan/Mataram

Sapi Albino Ko Muang Phet.

Kerbau Albino Diundang ke Gedung Pemerintah, Harganya Rp7,8 Miliar

Kerbau albino bertubuh besar ini bernama Ko Muang Phet, terkenal di kalangan peternak Thailand sebagai hewan pejantan. Tingginya 1,8 meter dan berusia empat tahun.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024