Piala AFF 2008

Merah Putih Sukses Balas Dendam

VIVAnews - Indonesia menaklukkan Myanmar dalam laga Piala AFF, Jumat, 5 Desember 2008. Tim Merah Putih sukses melakukan balas dendam kekalahan di dua pertemuan terakhir.

Indonesia ditaklukkan Myanmar 1-2 dalam dua kali pertemuan terakhir di turnamen Grand Royal Challenge 2008 di Yangoon. Tak salah jika tim asuhan Benny Dollo ini mencanangkan tekad balas dendam. Apalagi, kali ini Indonesia bermain di hadapan pendukung fanatiknya di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta.

Budi Sudarsono menjadi bintang kemenangan Tim Merah Putih. Striker lincah berusia 29 tahun ini membuka kemenangan pada menit 25.

Budigol mengelabui tiga bek Myanmar di kotak penalti, sebelum melepaskan tendangan menyusur tanah menaklukkan kiper Aung Aung Oo. Gol ini mulai meluruhkan mental pasukan Myanmar.

Apalagi, setelah empat menit berselang Indonesia menambah keunggulan lewat Firman Utina. Gelandang Pelita Jaya Jawa Barat ini melepaskan tendangan terukur melengkung dari pojok kotak penalti untuk kembali menaklukkan Aung Oo.

Setelah itu, pertandingan lebih banyak berkutat di lini tengah. Beberapa peluang kedua tim tak bisa dikonversi menjadi gol.

Di awal babak kedua, Indonesia kembali mendapatkan peluang emas. Tendangan bebas Ponaryo Astaman di luar kotak penalti Myanmar masih bisa ditepis keluar Aung Oo.

Justin Hubner Turut Andil dalam Kemenangan Cerezo Osaka Atas Morioka

Demikian pula solo run Budi Sudarsono yang diakhiri tendangan keras menyusur tanah, masih aman dalam pelukan Aung Oo.

Myanmar mendapatkan peluang pertama lewat tendangan bebas Zaw Htet Aung menit 58. Tandukan Zaw Lynn Tun menyambut tendangan bebas itu masih tipis di sisi kanan gawang Markus Horison.

Myanmar kembali mendapatkan peluang lewat sundulan striker andalannya, Soe Myat Min yang melambung di atas mistar Markus.

Indonesia justru menambah keunggulan lewat serangan balik yang diselesaikan Bambang Pamungkas di menit 66. Gol ketiga Tim Merah Putih ini langsung disambut gemuruh suporter.

Dua menit kemudian, tendangan bebas Min Thu sukses ditepis Markus. Sempat sedikit terjadi keributan usai corner, terutama setelah bek Indonesia, Isnan Ali terjatuh dan mengerang kesakitan di kotak penalti. Beruntung, situasi bisa diredam wasit R Krishnan.

Indonesia sempat memasukkan Elie Aiboy menggantikan M Ilham di menit 81. Tapi, masuknya Elie belum mampu merubah hasil, meski ia sempat melepaskan sekali tendangan ke gawang Myanmar.

Bintang Merah Putih, Budi Sudarsono ditarik oleh pelatih Benny Dollo di menit 85, dan digantikan Aliyudin. Merah Putih kembali memasukkan Erol Iba menggantikan Arif Suyono.

Berikutnya, kerjasama antara duet striker Persija, Aliyudin dan BP nyaris memperbesar kemenangan Indonesia. Tandukan BP hasil umpan Aliyudin dari mendekati kotak penalti masih bisa disentuh tangan kiper Aung Oo.

Sampai pertandingan berakhir kedudukan 3-0 untuk Indonesia. Tim Merah Putih sementara berada di posisi 2 Grup A, hanya kalh selisih gol dari Singapura.

Usai Mudik Lebaran, Pendatang Baru di Tangerang Turun hingga 50 Persen
Melitha Sidabutar

Melitha Sidabutar Pernah Bahas Soal Pernikahan Sebelum Meninggal

Beberapa hari setelah Melitha Sidabutar berpulang, Glen Imanuel membagikan percakapannya dengan sang kekasih.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024