Trend Mode 2009

Kembali ke Alam

VIVAnews - Dosen Sekolah Mode ESMOD Jakarta, Maharani Sukolo mengatakan prediksi tren mode 2009-2010 akan Lebih mengutamakan unsur alam. Hal ini menyesuaikan kondisi dunia saat ini yang sedang ‘memanas’ dengan isu global warming.

Tren ini dapat terlihat dari gaya Bohemia. Gaya ini lebih menonjolkan warna-warna alam dan tidak mengutamakan potongan-potongan klasik.

Maharani menyebut pada tren Bohemia desainnya lebih menggunakan banyak detail seperti bebatuan alam, juga rumbai-rumbai yang kesannya dibuat berbeda dari bohemia tahun 1990-an.

"Di sini, rumbai-rumbai dibuat lebih panjang tidak seperti biasa," ujarnya dalam media gathering trend mode 2009-2010, Sabtu, 6 Desmber 2008.

Sedangkan dari sisi bahan, tambahan corak mebel juga akan banyak ditemui tahun depan. Sehingga kesan dekorasi akan makin terlihat dan makin ekstrim.

"Tren warna akan lebih campur aduk dan tidak memperhatikan keharmonisan," kata Maharani menunjukkan slide yang memperlihatkan aneka busana bergaya Gipsi.

Unsur detail, antara pernak-pernik dan kekontrasan warna benar-benar dimunculkan tanpa keserasian.

Ia juga menyebutkan, desain busana menjadi lebih humoris dan semakin eksentrik. Improvisasi antara motif dengan nuansa etnik dipaparkan, menjadi gaya ke depan yang akan muncul. Contohnya, motif mebel dan kue (cake).

Tiga tren lain juga disebut, akan meramaikan nuansa mode 2009-2010. Tren ini adalah artful volume urbanisme yaitu akan ada suatu desain yang mengejutkan baik dari skala atau volume. Selain itu, gaya-gaya yang lebih sporti dan juga sartorial elegance (desain yang terlihat benar-benar mewah dan eksklusif).

Akan tetapi dalam gaya-gaya ini, lanjutnya, situasi sosial juga sangat mempengaruhi. Misalnya pada tren sporty lebih mengusung pada parade uniform tentara dengan penggabungan unsure musketeer (kesatria tempo dulu). Pada tren Bohemia, yang bisa dilihat nantinya juga akan mengekspresikan unsur ‘liar’ dan tidak biasa.

Pada tren artful voume urbanism, akan ada bahan yang mudah dibentuk. Bahan-bahan yang ada ini dibuat dengan tekstur berpola dengan detail seperti dipahat. Di sini para desainer dan inovator, lebih menonjolkan pada seni-seni original.

Kementerian Haji Meminta Jemaah Umrah Harus Keluar dari Arab Saudi pada 6 Juni
Dr. BRA. Mooryati Soedibyo

Haru, Angelina Sondakh Ungkap Inspirasi Kebaikan Mendiang Mooryati Soedibyo

Pada masa mengemban gelar sebagai Putri Indonesia, Angelina Sondakh sangat dekat dengan Mooryati Soedibyo.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024