Piala AFF 2008

Budi Hattrick, Indonesia Atasi Kamboja

VIVAnews - Indonesia menyusul langkah Singapura dengan lolos ke semifinal Piala AFF 2008. Hasil ini diraih setelah Merah Putih unggul 4-0 atas Kamboja di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Minggu 7 Desember 2008.

Pada pertandingan ini, Indonesia yang kini mengantongi dua kemenangan terlihat sering terburu-buru dalam melakukan serangan. Tekanan ke gawang Kamboja tidak dibarengi dengan finishing touch yang memadai. Hasilnya, serangan demi serangan masih mampu dimentahkan Kamboja yang sering menempatkan enam pemain bertahannya di dalam kotak penalti.

Setelah beberapa kali menemui jalan buntu, gol pertama Indonesia akhirnya hadir pada menit ke-16 lewat kaki Budi Sudarsono. Gol iniĀ  berawal ketika bola tendangan Ponaryo gagal dihalau pemain bertahan Kamboja. Bola reboundĀ  berhasil ditendang Budi ke sudut kanan gawang Kamboja yang dikawal Samreth Seiha.

Indonesia setidaknya punya setengah lusin peluang lain lewat Budi, Bambang Pamungkas maupun Firman Utina. Namun tak ada yang berujung gol. Skor sampai turun minum tetap 1-0.

Di babak kedua anak asuh Benny Dollo terlihat lebih sabar dan tidak buru-buru melancarkan serangan frontal. Butuh sepuluh menit buat Indonesia untuk menggandakan keunggulan.

Lagi-lagi Budi yang menjebol gawang Samreth di menit ke-55 setelah menerima umpan diagonal Ismed Sofyan. Gol ketiga buat Budi sepanjang turnamen ini, skor 2-0.

Budi akhirnya sukses melakukan hattrick pada menit ke-70. Umpan silang Firman diselesaikan lewat tandukan yang begitu mudah karena ia sama sekali tak mendapat pengawalan ketat dari pemain Lawan.

Bambang yang penasaran akhirnya ikut mencatatkan namanya di dalam daftar pencetak gol setelah beberapa kali peluangnya gagal menambah keunggulan. Di menit ke-77, tusukan Firman di sayap kiri menjadi awal dari terciptanya gol keempat Indonesia. Umpan silang Firman kembali menjadi assist yang dimanfaatkan Bambang untuk menjebol gawang Kamboja. Skor 4-0 bertahan sampai pertandingan selesai.

Dengan hasil ini Indonesia untuk sementara masih berada di posisi kedua klasemen Grup A di bawah Singapura. Walau sama-sama mengumpulkan enam poin dan sama-sama punya defisit tujuh gol, Singapura punya koleksi gol lebih banyak. Singapura sudah mencetak delapan gol dan kebobolan satu kali. Sedangkan Indonesia walau tak pernah kebobolan, koleksi golnya hanya tujuh.

Indonesia dan Singapura akan saling berhadapan di hari Selasa, 9 Desember 2008. Indonesia harus memenangkan pertandingan jika ingin tampil sebagai juara Grup A.

Surya Paloh Sambut Baik PKS Jika Ikut Merapat ke Koalisi Prabowo-Gibran
Ilustrasi keamanan siber.

Jika Lolos Tes Ini, Keamanan Siber Bank di Indonesia Sudah Tangguh

Empat dari sepuluh bank terbesar di Indonesia menaruh kepercayaan kepada Spentera perihal keamanan siber.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024