Teknologi Mutakhir

Intel Kembangkan Komunikasi Optik

Dalam jurnal Nature Photonics, Intel umumkan telah mengembangkan komunikasi optik menggunakan silicon photonics. Performanya jauh lebih baik dibanding teknologi komunikasi optik yang ada saat ini.

Hidup dengan Kepala Menempel Selama 62 Tahun, Kembar Siam Tertua di Dunia Tutup Usia

Nature Photonics sendiri merupakan jurnal ilmiah yang memublikasikan riset berhubungan dengan optoelectronic, laser, imaging, komunikasi dan bidang lain yang berhubungan dengan photon.

Detektor foto berbasis silicon photonics digunakan untuk mengirim dan menerima informasi optik, khususnya di aplikasi berbandwidth tinggi seperti super komputer. Intel menyatakan bahwa silicon photonics sangat penting untuk transfer data kecepatan ultra tinggi yang akan digunakan pada komputer masa depan yang diperkuat dengan banyak core prosesor.

Pengembangan teknologi ini sangat penting karena menggunakan basis silicon yang merupakan material terjangkau dan sudah digunakan dalam chip semikonduktor saat ini. Material silicon juga mampu menghasilkan performa yang lebih baik dibandingkan dengan material lain yang lebih mahal. Selain itu, teknologi silicon photonics saat ini yang menggunakan complementary metal-oxide semiconductor (CMOS) telah mengalami hambatan dari sisi performa.

“Riset ini menunjukkan contoh lain bagaimana silicon bisa digunakan untuk membuat perangkat optikal berkinerja tinggi,” tulis Mario Paniccia, Director od Photonics Technology Lab Intel di jurnal tersebut. “Penemuan ini bisa dikembangkan tidak hanya untuk komunikasi optikal saja, tetapi juga bidang lain seperti, sensor, imaging, kriptografi quantum, dan aplikasi biologi lain.”

Sebuah tim yang dipimpin oleh para peneliti Intel membuat Avalanche Photodiode (APD) berbasis silikon untuk menghasilkan produk dengan bandwidth 340GHz. Intel mengklaim bahwa ini merupakan hasil terbaik yang pernah ada yang memungkinkan koneksi optik dengan transfer data 40Gbps atau lebih.

Selain Intel, riset yang dilakukan itu juga disponsori oleh departemen pertahanan AS, khususnya Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA), dan Numonyx, sebuah perusahaan produsen memori flash yang menyediakan proses pengembangan dan manufakturnya.

Presiden Iran Ebrahim Raisi dan komandan militernya

Iran Punya Aturan Serangan Baru Untuk Negaranya

Presiden Iran memperingatkan bahwa 'langkah sekecil apa pun' yang dilancarkan ke negaranya, maka akan langsung menimbulkan respons yang "keras" dari militernya. 

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024