Obama Tidak Janji Berhenti Merokok

VIVAnews - Presiden terpilih Amerika Serikat, Barack Obama, tak bisa tegas memberi jawaban saat ditanya apakah dia bisa berhenti merokok atau tidak. hal itu terjadi dalam sebuah wawancara eksklusif, Minggu, 7 Desember 2008 .

Tampil di program “Meet the Press” stasiun televisi berita NBC, pewawancara Tom Brokaw mengingatkan kepada Obama bahwa dia telah mengelak menjawab pertanyaan Barbara Walters di stasiun televisi ABC bulan lalu.

Seperti diketahui, Gedung Putih, yang bakal menjadi tempat tinggal Obama dan keluarga saat resmi jadi presiden awal tahun depan, tidak memiliki zona untuk merokok. Brokaw lalu bertanya kepada Obama, “Apakah Anda berhenti merokok?”

Kemudian Obama menjawab, “Iya,” sambil tersenyum lebar. “Tapi maksudnya, ada waktu tertentu saya masih mengikuti arus.”

“Tunggu sebentar,” ujar Brokaw menyela, “Maksudnya, Anda belum berhenti?”

“Cukup adil,” kata Obama. “Apa yang saya katakan adalah saya mengerjakan pekerjaan yang berat di bawah kondisi yang dapat membuat diri saya jauh lebih sehat. Anda akan melihat tidak ada pelanggaran peraturan yang ada di Gedung Putih,” dia menambahkan.

Obama dalam kampanye pemilihan presiden beberapa waktu lalu sering didapati sedang mengunyah permen Nicorette, yang membantunya melepaskan keinginan dari nikotin. Dia telah beberapa kali mencoba untuk keluar dari kebiasaan merokok.

Dalam penelitian di AS, merokok merupakan penyebab satu dari lima kematian. Selain itu, merokok dapat mengeluarkan biaya 10 juta dollar untuk perawatan kesehatan si penghisap. Maka, sebagai calon pemimpin, Obama dituntut untuk mengatur dan memberikan contoh menghentikan kebiasaan merokok, yang dia lakoni selama dua dekade.

Presiden terpilih berusia 47 tahun ini bakal resmi menempati Gedung Putih mulai 20 Januari 2009.  Saat tak bekerja Obama berolah raga di pusat kebugaran dan terkadang bermain bola basket. Dokternya berkata bahwa di bulan Mei kesehatannya sempurna, setiap hari dia berlari sejauh tiga mil dan siap melayani sebagai presiden.

Website www.cigaraficinado.com mengatakan Gerald Ford yang bertugas dari tahun 1974-1977 adalah presiden terakhir yang menggunakan tembakau secara rutin. Aturan dilarang merokok di Gedung Putih merupakan peraturan yang ditetapkan oleh mantan ibu negara Hillary Clinton, saat ini calon menteri luar negeri kabinet transisi Obama.

4 Pelaku Terorisme Moskow Ternyata di Bawah Pengaruh Obat-Obatan Terlarang
Gedung Kemenkopolhukam

Kemenko Polhukam Susun Rencana Bangun Sistem Pertahanan Semesta di IKN

Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan menggodok rencana membangun sistem pertahanan semesta di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024