BMG Lampung Peringatkan Gelombang Tinggi

VIVAnews - Badan Meteorologi dan Geofisika Lampung keluarkan peringatan gelombang tinggi di Selat Sunda Stasiun Maritim kepada pengguna jasa pelayaran di Pelabuhan Bakauheni dan Merak. Mereka diminta berhati-hati melakukan perjalanan pelayaran.

Dalam peringatan yang dirilis BMG Lampung hari ini, Selasa 9 Desember 2008 menyebutkan, tinggi gelombang di Barat Daya Selat Sunda mencapai 2-3 meter.

Terdakwa Yosep Subang Diadili Bunuh Istri dan Anak Demi Uang, Korban Dibacok Pakai Golok

Sementara di Pelabuhan Bakauheni, tinggi gelombang mencapai 1,5 - 2 meter. Dengan kecepatan angin yang mencapai 12-20 knots, dari arah barat daya ke barat.

"Barat daya selat sunda menjadi daerah konvergensi atau pertemuan angin dan kecepatan angin cukup kencang. Inilah yang menyebabkan terjadinya gelombang tinggi di selat sunda," kata forecaster stasiun Maritim BMG Lampung Neneng kusrini, Selasa 9 Desember 2008.

Mengenai lama atau tidaknya gelombang tinggi di Selat Sunda ini, BMG Lampung memperkirakan akan berlangsung hingga 12 desember 2008. "Tergantung stabititas atmosfer. Namun dengan kondisi bumi yang seperti sekarang, diperkirakan terbentuknya low pressure menyebabkan gelombang tinggi akan berlangsung lama." tambahh neneng.

Peringatan gelombang tinggi ini merupakan peringatan yang kedua yang dikeluarkan BMG lampung untuk pelayaran sepanjang tahun 2008. "Bulan lalu, malah tinggi gelombang lebih parah dari ini" tutur Neneng. Bahkan bulan November 2008, gelombang tinggi berlangsung satu minggu.

Laporan: Agusta Hidayat/Lampung

Sapi Albino Ko Muang Phet.

Kerbau Albino Diundang ke Gedung Pemerintah, Harganya Rp7,8 Miliar

Kerbau albino bertubuh besar ini bernama Ko Muang Phet, terkenal di kalangan peternak Thailand sebagai hewan pejantan. Tingginya 1,8 meter dan berusia empat tahun.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024