Century Kebanyakan Kelola Dana Mahal

VIVAnews - Manajemen baru Bank Century akan memperbaiki komposisi dana perseroan supaya lebih seimbang. Saat ini bank lebih banyak mengelola dana mahal, seperti deposito ketimbang tabungan.

Direktur Utama Bank Century Maryono mengatakan, struktur pendanaan bank selama ini didominasi pendanaan berbiaya tinggi dan pinjaman. Sementara struktur aset didominasi low yield asset, sehingga menyebabkan marjin bunga netto rendah.

Dana pihak ketiga yang paling besar dikelola bank adalah deposito yang mencapai 70-80 persen. "Ini yang kita perbaiki agar nanti pendanaan yang berbiaya rendah seperti giro dan tabungan bisa lebih seimbang lagi," kata Maryono di kantornya, Selasa 9 Desember 2008.

Namun ia belum bisa memberikan target kapan komposisi pendanaan seimbang itu bisa dicapai karena manajemen belum menyelesaikan penyusunan rencana bisnis.

Yang pasti untuk meningkatkan dana murah diperlukan infratruktur yang baik seperti produk tabungan, elektronic channel, dan Anjungan Tunai Mandiri (ATM).

"Di dalam menunggu bussines plan kita melakukan proses perbaikan electronic channel. Kita akan perbaiki dana murah dari sisi giro. Kita pakai pendekatan goverment, seperti BUMN, kita bisa tawarkan produk-produk giro kita," katanya.

Maryono menegaskan, saat ini modal bank sudah memenuhi ketentuan BI. Soal kesulitan likuiditas juga sudah membaik. "Bank juga masih dipercaya nasabah, terutama yang loyal," katanya.

Tinggalkan Kodam Jaya, Mayjen TNI Putranto Gatot Terima Tongkat Komandan Dewa Perang TNI
Farrel Hilal

Alasan Farrel Hilal Memilih Jakarta Selatan sebagai Inspirasi Lagu Debutnya

Lagu ini merupakan perwujudan dari pengalaman hidup Farrel di Jakarta Selatan, yang dipenuhi dengan cerita-cerita menarik tentang kehidupan sehari-hari.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024