Wijaya Karya Jajaki Investor Asing

VIVAnews - PT Wijaya Karya Tbk (WIKA) dikabarkan bakal menjajaki potensi investor dan mitra strategis di mancanegara dalam waktu dekat.
 
Sumber VIVAnews mengatakan, perseroan berencana roadshow ke Timur Tengah dan Asia Tenggara untuk menjaring mitra strategis untuk sejumlah proyek perseroan. "Setelah mereka berhasil mendapatkan proyek di Aljazair, WIKA bersiap untuk melakukan hal serupa di negara Arab lain dan Asia," jelasnya di Jakarta, Selasa, 9 Desember 2008.

Sekretaris perusahaan Wijaya Karya Imam Sudiyono ketika dimintai konfirmasi mengakui, perseroan akan menjajaki langkah pencarian investor atau mitra strategis baru di Timur Tengah maupun Asia untuk proyek-proyek WIKA. Namun, hal itu bakal direalisasikan mulai tahun depan. "Kalau saat ini, kita fokus dulu pada proyek yang sedang dan akan kita kerjakan seperti di Aljazair," ujarnya kepada VIVanews di Jakarta, Rabu, 10 Desember 2008. 

Per 31 Oktober 2008, Negara Republik Indonesia menguasai saham berkode WIKA sebanyak 68,42 persen dan sisanya dimiliki publik.

Pada perdagangan sesi I Rabu, 10 Desember 2008, WIKA menguat Rp 6 ke level Rp 171. Broker PT Makinta Securities dengan kode broker AH tercatat sebagai broker yang paling banyak mengoleksi saham Wijaya Karya.

Menurut pengamat pasar modal Ukie Jaya Mahendra, rencana roadshow perseroan ke mancanegara bakal memberikan sentimen positif bagi kinerja perseroan. Sebab, bila ada investor yang berniat bermitra, WIKA akan mendapatkan dana segar bagi proyeknya. "Selain itu, mereka kemungkinan tertarik menjadi pemegang saham perseroan dengan membeli saham WIKA," jelasnya.

Dia menambahkan, jika pencarian investor atau mitra strategis ke Timur Tengah dan Asia Tenggara sukses diperkirakan bakal mengangkat harga saham perseroan untuk jangka menengah dan panjang.

Diketahui, laba bersih perseroan dalam sembilan bulan pertama 2008 meningkat 18,7 persen menjadi Rp 84,91 miliar dari Rp 71,55 miliar di periode yang sama 2007. Namun, laba bersih per saham justru turun menjadi Rp 14,52 dari Rp 35,73 pada periode yang sama tahun 2007 menyusul bertambahnya jumlah saham perseroan.

Sedangkan pendapatan usaha WIKA menjadi Rp 4,56 triliun pada kuartal III-2008 dari kuartal yang sama tahun sebelumnya sebesar Rp 2,59 triliun.

Wakil Ketua KPK Dilaporkan ke Dewas Terkait Pelanggaran Etik
Ilustrasi memasak.

Mengenal Tradisi Hantaran di Indonesia, Simbol Rasa Syukur dan Kasih Sayang

Tradisi hantaran di Indonesia merupakan kebiasaan bertukar hadiah makanan atau barang lainnya sebagai bentuk ungkapan rasa syukur, kasih sayang, dan penghargaan.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024