Merebut Pasar Melalui Variasi Produk

Rubrik Konsultasi Wealth Management diasuh oleh sejumlah konsultan seperti konsultan dari Certified Wealth Managers Association (CWMA) dan Asosiasi Pengelola Reksa Dana Indonesia (APRDI). Pembaca dapat mengirimkan pertanyaan atau berkonsultasi seputar masalah  wealth management dan reksa dana.  Pertanyaan dapat dikirim lewat email: redaksi@vivanews.com, surat dialamatkan ke redaksi Vivanews.com di Menara Standard Chartered Lt. 31, Jl. Prof. Dr. Satrio No. 164, Casablanca, Jakarta atau Fax. 62-21 25532563.

10 Negara Ini Dicap Paling Malas Gerak Sedunia, Kok Bisa?

----------------------------------------------------

INTROSPEKSI yang perlu dilakukan pemain pasar jasa keuangan di Indonesia dan priority banking adalah mengapa tenaga pemasar asing lebih mudah diterima nasabah. Ada beberapa alasan dan penyebab, di antaranya:
 
Pertama, produk yang ditawarkan. Saat ini, variasi produk dan layanan yang dimiliki dan ditawarkan oleh sektor jasa keuangan di negara lain harus diakui lebih bervariasi serta menarik investor. Produk mereka dinilai lebih menarik dibandingkan yang dimiliki dan ditawarkan priority banking di dalam negeri.

Untuk itu, solusi yang dapat dipertimbangkan adalah dengan cara membentuk dan mengembangkan sinergi kemitraan melalui beberapa pemain di sektor jasa keuangan lain seperti asuransi jiwa, asuransi umum, pasar modal, dan sektor-sektor terkait. Aliansi strategis ini tidak hanya di dalam negeri, tetapi dapat dipertimbangkan untuk proses serupa dengan pemain pasar di luar negeri seperti, Hong Kong, Australia, Singapura, Amerika Serikat, dan lainnya.

Jika para priority banking kita dapat memiliki dan menawarkan produk-produk keuangan yang komprehensif kepada para nasabahnya, baik itu jenis on shore maupun off shore, hal itu akan berpengaruh pada nasabah dari segmen kaya dan sangat kaya (high networth individual). Mereka selanjutnya akan mempertimbangkan dan menginvestasikan dana-dananya pada priority banking yang ada tanpa harus ke luar negeri.
 
Kedua, tenaga wealth manager. Di samping memiliki produk-produk yang berkualitas, hal yang tidak kalah pentingnya adalah kualitas kompetensi profesional  (sumber daya manusia/SDM) yang dimiliki priority banking/wealth management. Karena pada  prinsipnya, metode pemasaran yang dilakukan priority banking officers ataupun wealth management officers adalah melalui pemasaran face to face (ritel) dengan nasabah atau prospek nasabah berkualitas dari segmen kaya dan sangat kaya.

Untuk mampu menembus segmen pasar tersebut, dibutuhkan kepercayaan terhadap lembaga perbankan, makro ekonomi, dan individu priority banking officer/wealth management officer. Terkait kepercayaan tersebut, priority banking officers/wealth management officers dapat berbesar hati karena mendapatkan kepercayaan lebih baik dari nasabah dibandingkan rekan-rekan profesi lain di industri jasa keuangan seperti agen asuransi.

Hal itu dapat dijelaskan karena masyarakat kita masih banking minded dibandingkan insurance minded. Ini merupakan suatu kelebihan atau keuntungan dari sudut pandang priority banking officers/wealth management officers itu sendiri.

Terlepas dari kondisi tersebut, untuk menghadapi kasus-kasus tertentu -menghadapi nasabah dan calon nasabah yang sulit diyakinkan serta sudah well educated-, kepercayaan terhadap priority banking officers/wealth management officers akan dapat diperoleh jika officer mampu menunjukkan dan mempunyai kualitas kompetensi profesional layaknya wealth manager.

Karena seorang wealth manager profesional mampu memberikan pelayanan yang menyeluruh kepada nasabah atau prospek nasabah mulai dari tahapan mengumpulkan  data dan informasi hingga membuat rekomendasi dan mengkaji ulang (review) pengelolaan kekayaannya tersebut secara berkala.

Deretan Negara yang Ternyata Penduduknya Paling Cepat Meninggal di Dunia

Desi Armadiani, CWM
Sekretaris Jenderal
Certified Wealth Managers’ Association (CWMA)

-------------------------------------------------------

Jadwal Pendidikan CWMA

WM03 Jakarta 8

Hari/tanggal :
Selasa - Kamis, 16 - 18 Desember 08 (Pendidikan)
Sabtu, 20 Desember 08

Pukul:
08.00 - 17.00 WIB (Pendidikan)
14.00 - 16.00 WIB (Ujian)

Materi:
Risk Management & Insurance

Tempat :
Kampus MMUGM
Jl. RP. Soeroso No. 2 - 4 (Ex. Bapindo),
Gondangdia-Cikini, Jakarta

Untuk Informasi lebih lanjut Hubungi :
Sekretariat CWMA :
Retno (Hp. 0812 8762 652) & Shelie (Hp. 0813 8017 3960)
Phone    :  62.21. 7331745 / 73447645
Fax    :  62.21. 73447645 / 7330485,  E-mail : secretariat@cwma.or.id

Ilustrasi berjalan tanpa alas kaki.

Viral Seorang Remaja Jalan Puluhan Ribu Langkah demi Datang ke Masjid untuk Hal Ini

Belum lama ini viral mengenai seorang remaja berusia 14 tahun dari Amerika Serikat yang berjalan selama 3 jam dan menempuh 35.000 langkah menuju masjid untuk hal ini

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024