Pertamina Siapkan Pinjaman Siaga US$ 3 Miliar

VIVAnews - PT Pertamina (Persero) mempersiapkan dana pinjaman siaga (standby loan) sebesar US$ 3 miliar guna mendanai berbagai proyek Pertamina sepanjang 2009. Direktur Keuangan Pertamina Ferederick ST Siahaan mengatakan, dana tersebut dapat dikonversi menjadi pinjaman jangka panjang. 

"Dana ini tidak untuk mendanai Blok Cepu, meskipun proyek ini membutuhkan dana US$ 2 miliar," ujar Ferederick, di kantornya, Jalan Perwira, Jakarta, Rabu 10 Desember 2008.

Pinjaman cadangan itu rencananya untuk mendanai proyek pembangunan unit produksi propylene di Kilang Balongan. Propylene adalah senyawa hidrokarbon yang berbentuk gas pada suhu dan tekanan normal. Pembangunan unit produksi ini membutuhkan investasi sebesar US$ 270 juta dan telah mendapat pinjaman dari perbankan nasional. Sedangkan untuk Blok Cepu akan digunakan pendanaan internal.

Ditemui terpisah, Communication Manajer ExxonMobil Cepu Limited (MCL) Deva Rahman menuturkan, mulai hari ini Lapangan Banyu Urip, salah satu lapangan dari Blok Cepu, sudah mulai berproduksi. "Produksi awal diharapkan meningkat pada semester pertama 2009 hingga 20 ribu barel per hari," kata dia.

Pembakar Al-Quran Salwan Momika 'Diusir' dari Swedia, Kini Pindah ke Norwegia
Duel Vietnam vs Timnas Indonesia

Menakar Peluang Timnas Indonesia Lolos ke Piala Dunia 2026, Ada Berapa Tahap Lagi?

Harapan pecinta sepakbola melihat Timnas Indonesia berlaga di Piala Dunia kembali muncul. Masih ada berapa tahap lagi untuk bisa lolos ke Piala Dunia 2026?

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024