Hari Ini Ilmuwan 9 Negara Bahas Teori Darwin

VIVAnews - Sedikitnya 35 ilmuwan dari sembilan negara hari ini melakukan seminar internasional bertajuk Alfred Russel Wallace and The Walacea. Seminar Internasional ini dilaksanakan di Hotel Imperial Aryaduta Makassar hingga 13 Desember mendatang.

Seminar yang dihadiri para ilmuwan dari 9 negara seperti Spanyol, Italia, Australia, Inggris, Amerika Serikat (USA), New Zealand, Thailand, dan Belanda ini, untuk memperingati 150 tahun 'Surat dari Ternate' Indonesia, yang memiliki kepentingan untuk mempelopori peringatan tersebut.

"Mereka akan membahas Surat dari Ternate itu, karena terkait dengan penemuan teori evolusi Darwin," ujar Ketua Ketua Panitia Pelaksana Seminar Sangkot Marzuki, Kamis 11 Desember 2008.

Menurut Sangkot, sejarah menunjukan bahwa Alfred Russel Wallace bersama Charles Darwin merupakan 2 ilmuwan yang menemukan dasar teori evolusi. Dan di situ pula, nama Ternate disebut sebagai salah satu tempat turunnya ilham teori itu.

Dia berharap, pelaksanaan seminar ini mengingatkan kembali peran Wallace dan Darwin di dunia internasional. Kebangkitan itu juga secara langsung akan mengangkat nama Indonesia, khususnya tentang sejarah munculnya teori Darwin.

"Terlupakannya peran Wallace oleh dunia juga berarti terlupakannya peran bumi Indonesia yang telah menginspirasi lahirnya teori evolusi serta nama Ternate sebagai tempat turunnya ilham tersebut," ujar petinggi di Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia (AIPI) ini.

Gubernur Sulawesi Selatan, Syahrul Yasin Limpo telah membuka secara resmi seminar di Aula Rumah Jabatan Gubernur Sulsel, di jl Sungai Tangka Makassar. Pada pembukaan, Duta Besar Amerika untuk Indonesia dan beberapa tamu negara lainnya turut hadir.

Sementara itu, informasi yang dihimpun VIVAnews, Darwin dan Alfred Wallacea untuk pertama kalinya menyampaikan teori evolusi pada pertemuan ilmiah di Linnean Society, Juli 1858 silam.

Dipenghujung tahun ini juga, pria berkebangsaan Inggris ini mengirimkan surat dan makalah yang menguraikan hilang dan munculnya spesies baru mahluk hidup, yang merupakan hasil seleksi alam dari Ternate. Belakangan, Surat dari Ternate ini, dikenal sebagai peristiwa besar yang sarat pesan ilmiah, dan menjadi momentum keilmuan terbesar di abad ke-19.

Laporan: Zeena/Makassar

Kementerian Perdagangan dan Penegak Hukum Diminta Lebih Tegas Tangani Peredaran Oli Palsu
Sidang Lanjutan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum di MK

Sidang Sengketa Pilpres di MK, Bawaslu Sebut Jokowi Bagi-bagi Bansos Tak Langgar Netralitas

Cara Presiden Jokowi yang bagi-bagi bansos dekat spanduk pasangan 02 Prabowo-Gibran di Serang, Banten dipersoalkan.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024