Galaksi Bimasakti

VIVAnews – Teman-teman, selain ada tata surya yang terdiri dari planet dan matahari, ada juga tata bintang atau sering disebut galaksi. Galaksi adalah pengelompokan bintang terbesar di alam semesta. Ada berbagai macam galaksi, contohnya adalah Andromeda dan Bimasakti.

Nah, Bumi tempat kita tinggal, terletak di Bimasakti. Galaksi Bimasakti merupakan rumah bagi planet bumi, anggota tata surya dan, 200 bintang lainnya. Sebagai rumah dari planet dan bintang-bintang, galaksi Bimasakati berukuran sangat besar. Diameternya saja mencapai 100 ribu tahun cahaya. Massa atau beratnya antara 750 miliar hingga satu triliun massa matahari.

Bentuk galaksi Bimasakti itu seperti spiral yang melingkar. Pada bagian tengahnya terlihat lingkaran cahaya yang lebih terang dibandingkan sekilingnya. Cahaya tersebut dinamakan Halo. Sedangkan bagian pinggirnya berbentuk seperti cakram.

Lingkaran cahaya atau Halo itu berisi bintang-bintang tua. Lalu bagian cakramnya berisi gas, debu dan bintang-bintang muda. Matahari yang selalu menyinari Bumi kita itu ternyata dianggap bintang muda, karena umurnya baru lima miliar tahun.

Cakram dari galaksi Bimasakti dinamakan konstelasi. Cakram Bimasakti dibagi dua bagian yaitu cakram mayor dan cakram minor. Cakram mayor terdiri dari Perseus, Sagitarius, Centaurus, dan Cygnus. Sedangkan sistem tata surya kita berada di cakram minor, yang bernama Orion.

Teman-teman pasti penasaran ingin melihat langsung tata bintang di angkasa. Saat liburan nanti pergi saja ke Planetarium, Jakarta. Selain bisa melihat gambaran galaksi Bimasakti, kalian juga akan mendapatkan banyak ilmu astronomi.

Persib vs Bhayangkara FC Imbang, Begini Komentar Bojan Hodak
Ilustrasi diabetes/cek gula darah.

5 Makanan yang Bisa Menurunkan Kadar Gula Darah untuk Penderita Diabetes

Diabetes adalah kondisi yang memerlukan perhatian khusus terhadap pola makan. Kadar gula darah yang tinggi dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan jangka panjang.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024