Harga BBM Turun Lagi

Yudhoyono-Kalla Jangan Ambil Keuntungan

VIVAnews - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Wakil Presiden Jusuf Kalla diimbau jangan mengambil keuntungan politis atas kebijakan penurunan harga bahan bakar minyak atau BBM. Penurunan yang dinilai normal ini adalah konsekuensi dari kondisi ekonomi dunia.

"Pemerintah juga tidak boleh  mengambil keuntungan politis," kata Ketua Pelaksana Harian (Plh) Pimpinan Kolektif Nasional (PKN) Partai Demokrasi Pembaruan (PDP), Roy BB Janis, usai bertemu Wakil Presiden Jusuf Kalla, dalam acara Pembukaan Kongres Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) ke-16, Istana Wakil Presiden, Jakarta Pusat, Senin, 15 Desember 2008.

Menurut Roy, penurunan harga BBM itu tidak hanya terjadi di Indonesia tetapi juga di Malaysia. Maka itu, bila harga minyak dunia menurun maka secara otomatis, ujar Roy, harga BBM di dalam negeri harus disesuaikan.

"Jadi ini jangan dipolitisir. Ini konsekuensi ekonomi saja dan itu juga terjadi di negara-negara tetangga kita," ujar mantan politisi dari PDI Perjuangan ini. Roy menilai, penurunan harga BBM ini merupakan permasalahan logis yang sudah sesuai dengan perhitungan ekonomi. Sebab, lanjut dia, harga minyak mentah dunia sudah turun drastis. "Jadi, harga BBM di dalam negeri memang harus turun juga," singkat Roy.

Seperti diketahui, Susilo Bambang Yudhoyono dipastikan kembali diusung Partai Demokrat untuk menjadi kandidat calon presiden dalam Pemilu 2009. Sedangkan, Ketua Umum Partai Golkar Jusuf Kalla masih digadang-gadang untuk kembali dipasangkan dengan Yudhoyono.

Seperti diberitakan VIVAnews, Wakil Sekretaris Fraksi PDI Perjuangan, Ganjar Pranowo menilai, penurunan harga BBM yang kedua kalinya ini sarat kepentingan politik. "Pemerintah cerdas betul memanfaatkan momentum ini. Ketika ada tekanan yang luar biasa, sekali dayung dua tiga pulau terlampaui," ujar Ganjar Pranowo.

Viral Anak Selebgram Malang Dianiaya Pengasuhnya, Polisi Langsung Tangkap Pelaku
Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto.

Suara Golkar di Pemilu 2024 Naik Signifikan, Airlangga: Hitungan Kami Dapat 102 Kursi

Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto bersyukur suara yang diperoleh partainya pada Pemilu 2024, naik signifikan. Airlangga berterima kasih ke kader dan para caleg

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024