Paripurna Dewan Akan Sahkan RUU Pertambangan

VIVAnews - Dewan Perwakilan Rakyat menggelar rapat paripurna pertama setelah masa reses berakhir. Rapat paripurna ini juga akan mengambil keputusan Rancangan Undang-Undang tentang Pertambangan Mineral Batu Bara.

Pengesahan RUU Mineral Batu Bara akan dilakukan dalam Rapat Paripurna di Gedung Dewan Perwakilan Rakyat, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Selasa, 16 Desember 2008.

Proses RUU Mineral Batu Bara ini telah melalui pembahasan selama 3,5 tahun. Pasal-pasal sudah disepakati dalam RUU ini antara lain, pembukaan eksploitasi suatu wilayah pencadangan negara hanya boleh dilakukan setelah mendapat persetujuan DPR.

Padahal, sebelumnya sebagian fraksi menginginkan adanya masa tenggang selama 20 tahun dengan evaluasi setiap lima tahun sekali, bagi suatu wilayah yang telah ditetapkan sebagai wilayah pencadangan negara, tidak boleh dilakukan eksploitasi. Sedangkan fraksi lainnya menginginkan tidak ada pembatasan. Artinya, kapan pun wilayah pencadangan negara bisa dieksploitasi.

Selain mengesahkan RUU tersebut, Dewan juga akan mengambil keputusan soal RUU Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia atau LPEI. Pemerintah melalui Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati sempat menyebutkan, LPEI diharapkan dapat mendorong ekspor, terpengaruh dengan keadaan ekonomi global. Independensi LPEI, yang tidak bisa diintervensi oleh pemerintah kecuali diatur UU, merupakan satu hal yang telah disetujui.
 
RUU juga menyatakan pemerintah dapat menutup modal LPEI jika modal awal sebesar Rp 4 triliun berkurang. Dana itu akan ditutupi oleh cadangan umum, modal lainnya. Namun jika modal awal itu angkanya berkurang, maka akan ditutup melalui dana APBN atas persetujuan DPR.

Diatur pula mengenai susunan pengurus LPEI yang terdiri tiga pejabat yang berasal dari perdagangan, perindustrian, perbankan, dan satu orang dari kalangan profesional sebagai ketua dewan direktur dan dewan eksekutif.

Terpopuler: Deretan Negara Bantu Israel, Pendeta Gilbert Dilarang ke Makassar hingga Iran Diserang
Gerakan olahraga russian twist

Terpopuler: Negara Tanpa Malam hingga Olahraga Ringan Setelah Lebaran

Round-up kanal Lifestyle pada Jumat, 19 April 2024. Salah satunya tentang deretan olahraga ringan yang bisa dilakukan setelah lebaran.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024