Martin Jol Salahkan Juande Ramos

VIVAnews – Mantan pelatih Tottenham Hotspurs, Martin Jol, menyalahkan suksesornya Juande Ramos sebagai biang kehancuran Spurs. Jol menuding Ramos merenggut ‘English Identity’ yang selama ini lekat dengan klub asal London Utara itu.

“Waktu saya melatih dulu kami mengembangkan pemain muda dan selalu hadir di kompetisi Eropa tiap tahunnya. Saya memiliki enam pemain Inggris dalam skuad,” ujar Jol.

“Sekarang mereka memiliki pemain asing yang mengubah identitas tim. Menghabiskan £ 18 juta pada satu pemain dan £ 15 juta lagi untuk pemain lain. Bisa anda bayangkan itu sebelumnya? Benar-benar konyol,” serang pria yang kini membesut Hamburg itu.

Ramos menggantikan posisi Jol tahun lalu, ketika itu Spurs mencetak start buruk di awal musim 2007-2008. Tak dinyana, Ramos yang diboyong dari Sevilla malah menjerumuskan The Whites dalam lubang yang sama musim ini. Tak pernah menang dalam tujuh laga dan terhempas di dasar klasemen menjadi hasil terburuk dalam 96 tahun terakhir. Buruknya lagi, klub tak bisa mengganti Ramos di tengah jalan karena klausul pembatalan kontrak pria Spanyol itu bernilai £ 15 juta. 

Belanja £ 77 juta untuk Roman Pavlyuchenko, David Bentley, Luka Modric, Vedran Corluka dan Giovani juga sia-sia. Ramos malah membuang Robbie Keane, Dimitar Berbatov dan Jermain Defoe. Padahal tiga pemain terakhir yang disebut membangun Spurs jadi salah satu tim elit di Inggris.

Sebaliknya, Martin Jol malah sukses bersama Hamburg. Klub Jerman itu kini bercokol di puncak klasemen menggusur tim-tim kuat seperti Bayern Muenchen dan Werder Bremen. Bahkan dalam tujuh laga, hanya sekali pasukan Jol kalah.

“Saya yakin bila Anda menangani klub Inggris, Anda butuh identitas Inggris di dalamnya. Dan saya pikir hal itu berhasil,” kata pelatih kebangsaan Belanda.

Lolly Ngaku Bakal Berkarier di Indonesia, Ingi Buat Nikita Mirzani Bangga
Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati dan Presiden Asian Development Bank (ADB) Masatsugu Asakawa

Sri Mulyani Bertemu Presiden ADB Bahas Transisi Energi hingga Pensiun Dini PLTU

Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati bertemu dengan Presiden Asian Development Bank (ADB) Masatsugu Asakawa di Washington DC, Amerika Serikat.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024