Calon Suami Mantan Junkie

Tanya:
Saya sudah berhubungan dengan kekasih selama setahun. Sejak awal pacaran, saya telah mengetahui, dia adalah mantan pencandu narkoba. Saya tidak merasa ada masalah, karena tampaknya dia memang sudah benar-benar berhenti dari kebiasaan buruknya itu. Beberapa minggu lalu, dia melamar saya. Anehnya, saya malah jadi ragu untuk menikah dengannya. Apa yang harus saya lakukan?

renxxx@yahoo.com

Jawab:
Jika masih belum merasa yakin menikah dengannya, memang  ada baiknya Anda minta waktu untuk memikirkannya. Kenali dulu seberapa lebih jauh, pasangan telah benar-benar pulih dari kebiasaannya mengonsumsi narkoba.

Masalahnya, mantan peminum atau pecandu obat terlarang yang belum sembuh benar, biasanya mempunyai emosi yang tidak stabil. Minuman keras dan obat terlarang itu memberi efek menenangkan, tapi juga menimbulkan efek ketagihan pada tubuh.

Pada saat pelaku sedang ketagihan, maka dia menjadi  cepat tersinggung, cepat marah, tak bisa berkonsentrasi. Celakanya, bila pada saat yang sama pelaku sedang menghadapi persoalan dan dia tidak bisa menyelesaikannya, bukan tidak mungkin dia jadi bersikap abusive (kejam) kepada orang di dekatnya.

Bahkan, walau sudah melampaui fase bersih (sobriety), seorang pecandu cenderung  untuk kambuh. Misalnya, kalau dia mengalami stres atau berada di lingkungan  teman-temannya yang mendorongnya menjadi pecandu.   

Jadi, terpulang kepada Anda lagi. Jika Anda melihat perubahan positif  yang terjadi padanya, tak ada salahnya juga memberinya kesempatan.

Kubu 03 Bantah Pemilu Ulang Hambat Pelantikan Presiden Terpilih: Alasan Mengada-ada

Konsultan:
Maria Susanti
Psikolog

Fashion Photoshoot Project Volume 5

Menginspirasi Generasi Baru, Fashion Crafty Jakarta Hadirkan Kolaborasi Fashion Photos Project 5

Event yang diselenggarakan oleh Fashion Crafty Jakarta menampilkan pertemuan yang menginspirasi antara desainer mode, fotografer, makeup artist, dan fashion stylist.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024