Bangun Rumah Sakit Rujukan di NTB

Menkes Serahkan Bantuan Rp 45 Miliar

VIVAnews - Menteri Kesehatan Republik Indonesia Siti Fadilah Supari menyerahkan bantuan dana Rp 45 Miliar kepada pemerintah Nusa Tenggara Barat untuk membangun rumah sakit rujukan di Sumbawa.

Viral Bocah Tabrakkan Mobil Listrik Chery di Dalam Mall, Netizen: Alhamdulillah SPK

Rumah sakit tersebut, berada di kilometer 5 ruas jalan Sumbawa-Bima dengan luas lahan 80 hektar dan memiliki 363 ruang dengan biaya Rp 129 miliar.

Dengan adanya bantuan dana itu, diharapkan pembangunan rumah sakit itu berjalan lancar. "Tentu untuk membantu masyarakat Sumbawa dan sekitarnya," kata menteri Siti Fadilah kepada wartawan, Rabu, 17 Desember 2008.

Dia menambahkan keberadaan rumah sakit rujukan itu dapat membuat Kabupaten Sumbawa yang berada ditengah-tengah lima Kabupaten dan kota di pulau Sumbawa dapat memperkuat rencana pemprov NTB dalam menyelesaikan program kesehatannya.

Pembangunan rumah sakit itu akan dilakukan secara bertahap dengan system pembiayaan yang ditanggung bersama antara pemerintah kabupaten Sumbawa dan pemprov NTB.

Keluar dari Zona Degradasi, Arema FC Fokus Tatap 2 Laga Sisa

Pembangunan Rumah Sakit itu merupakan salah satu perioritas pembangunan infrastruktur yang menjadi komitmen Pemerintahan Bajang-Badrul Munir. Pembangunan RS rukukan di Sumbawa sudah diwacanakan semenjak tahun 2004 lalu.

Menteri kesehatan menyatakan kekagumannya dengan provinsi NTB yang menyisihkan 18,5 persen anggaran pendapatan dan belanja daerahnya untuk kepentingan kesehatan. Anggaran pendapatan dan belanja NTB saat ini mencapai Rp 1,3 Triliun.

Selama ini baru dua daerah yang menyediakan anggarannya diatas sepuluh persen yakni Kabupaten Boalimo di Gorontalo dengan 15 persen untuk sector kesehatan dan Kalimantan Selatan yang mengalokasikan 14,5 persen anggarannya.

"Saya salut dengan komitmen Gubernur NTB yang sangat peduli dengan kesehatan warganya. Ini menjadi contoh bagi daerah lain agar meningkatkan kualitas kesehatan diwilayah mereka," tuturnya.

Laporan: Edy Gustan/Mataram

Ketua DPP Bidang Kehormatan PDIP, Komarudin Watubun

Elite PDIP Anggap Gibran Bohong Mau Setia di Partai

Ketua Bidang Kehormatan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDIP, Komarudin Watubun, mengatakan Gibran Rakabuming Raka telah berbohong terkait ucapannya untuk setia di PDIP.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024