Kadin Jawa Tengah Terbaik

VIVAnews - Kamar Dagang dan Industri Provinsi Jawa Tengah meraih posisi terbaik dari 33 Kadin se-Indonesia. Kadin Provinsi Jawa Tengah memperoleh lima penghargaan pada penilaian peringkat Kadin Provinsi 2008.

Kadin Jawa Tengah memperoleh lima penghargaan, yaitu di bidang organisasi, kerja sama dengan pemerintah daerah, kerja sama dengan lembaga regional dan internasional, program layanan bisnis, serta penguatan manajemen kesekretariatan.

Sedangkan peringkat selanjutnya, ditempati Kadin Sumatera Utara dengan empat penghargaan. Empat provinsi lainnya, yakni Kadin DKI Jakarta, Jawa Barat, Riau, dan Jawa Timur masing-masing memperoleh tiga penghargaan.

Mas Achmad Daniri, ketua tim Rating Kadin 2008 mengatakan pada proses pemeringkatan 2008, keanggotaan kadin di semua provinsi menurun. Akibat tidak ada persyaratan anggota Kadin pada tender barang dan jasa pemerintah, seperti pada Keputusan Presiden Nomor 80 Tahun 2003. "Keanggotaan Kadin seyogyanya berdasarkan azas manfaat. Perusahaan atau asosiasi menjadi anggota Kadin," katanya di Jakarta Convention Centre, Jakarta, 22 Desember 2008.

Kedua, kata dia, umumnya kesekretariatan belum dikelola secara profesional sehingga perlu diperkuat agar menjadi motor penggerak kegiatan Kadin. "Idealnya pengurus Kadin adalah pengarah dan sekretariat pelaksana sehari-hari kantor Kadin," ujar Achmad.

Lebih lanjut, Ahmad membeberkan program layanan bisnis belum berjalan efektif. Fakta di lapangan di beberapa Kadin Provinsi yang memiliki program layanan yang baik mengindikasikan penambahan anggota.

Dia menyarankan, agar Kadin Indonesia membuat panduan pengembangan layanan bisnis kepada Kadin provinsi. "Bisa dari Kadin negara maju atau proyek percontohan layanan bisnis," jelas Achmad.

Harga Emas Hari Ini 26 April 2024: Global Anjlok, Antam Stagnan
Kapolres Metro Depok Kombes Arya Perdana

Pengakuan Pelaku Begal Siswa SMP di Depok Usai Ditangkap: Incar Anak Sekolah Bawa HP

Polres Metro Depok menangkap dua pelaku pembegalan terhadap siswa SMPN 2 Depok yang terjadi pada Rabu, 24 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024