RI-Cina Teken Kontrak Rp 35 triliun


VIVAnews - Pemerintah Indonesia dan Cina sore ini akan menandatangani delapan kontrak kerja sama energi dan mineral pertambangan. Nilai kontrak itu mencapai Rp 35 triliun. Rencananya, kontrak tersebut akan diteken sore ini antara Wakil Presiden Jusuf Kalla dengan Wakil Perdana Menteri Cina Li Keqiang.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Purnomo Yusgiantoro mengatakan, proyek-proyek yang ditandatangai mampu menampung 32 ribu tenaga kerja.

"Indonesia-China Energi Forum (ICEF) III kali ini memiliki momentum yang sangat penting bagi kerja sama Indonesia-Cina, terutama untuk menyamakan persepsi dalam menghadapi tantangan fluktuasi harga minyak," ujar Purnomo di Jakarta, Senin 22 Desember 2008.

Menurut dia, delapan kontrak yang akan ditandatangani tersebut di antaranya nota kesepahaman (MoU) perpanjangan produksi gas di Madura Straits antara BP Migas, CNOOC, dan Husky Madura dengan nilai investasi US$ 642 juta.

Selain itu, kerangka perjanjian kredit PLTU 2 Jawa Barat antara PLN dengan Exim Bank of China dengan nilai investasi US$ 482 juta, PLTU 1 Jawa Timur, Pacitan dengan nilai US$ 293 juta, PLTU Adipala, Cilacap dengan kapasitas 1 x 660 Magawatt senilai US$ 605 juta, dan dana dalam bentuk rupiah Rp 2,4 triliun.

Perjanjian jual beli listrik dari pembangkit swasta di Simpang Belimbing, Muara Enim, Sumatera Selatan kapasitas 2 x 113,5 Magawatt dengan nilai US$ 330 juta.

Perjanjian usaha patungan tambang batu bara dengan PT Tambang Batubara Bukit Asam Tbk (PTBA), China Huadian Corporation, Bupati Muara Enim, dan PT Truba Alam Engineering Tbk senilai US$ 14,4 juta. Pembuatan usaha patungan ini untuk pengembangan batu bara. 

Perjanjian kerja sama untuk pengembangan pembangkit biodiesel dan bahan baku dasar dengan ZTE Agribusiness Co Ltd, PT Kurnia Selaras, dan China Development Bank di Jambi dan Sumatera Selatan dengan nilai US$ 255 juta. Serta perjanjian kerja sama antara PT Bumi Dharma Kencana (kuasa pertambangan PT David Bumi Perkasa) dan Lark Guandong Power Purchase Inc di Melak, Kutai Barat, Kalimantan Timur senilai US$ 350 juta.

Prediksi Liga Europa: AS Roma vs AC Milan
Manajer Chelsea, Mauricio Pochettino

Pemain Chelsea Rebutan Penalti, Mauricio Pochettino: Ini Seperti Anak Kecil Memalukan

Pelatih Chelsea, Mauricio Pochettino mengkritik sejumlah pemainnya usai rebutan penalti saat menghadapi Everton.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024