Penyidikan Pembalakan Liar Riau Dihentikan

VIVAnews -- Kepolisian Daerah dan Kejaksaan Tinggi Riau telah mengeluarkan surat penghentian penyidikan kasus pembalakan liar. Dari 14 perusahaan, cuma satu yang bakal diajukan ke pengadilan.

Terpopuler: Artis Keturunan Darah Biru sampai Proses Kelahiran Anak Perempuan Alyssa Soebandono

Penyidik menilai dalam kasus ini tidak cukup bukti untuk diajukan ke pengadilan. Kepala Polda Riau Brigadir Jenderal Hadiatmoko kepada wartawan, Senin 22 Desember 2008 di Kantor Kejaksaan Tinggi Riau, Pekanbaru, mengatakan penghentian itu kesepakatan bersama dengan kejaksaan.

"Keputusan ini kami ambil setelah mendapat keterangan dari saksi ahli lingkungan,” katanya. Dia menjelaskan, kasus illegal logging ini sudah ditangani sejak 23 bulan yang lalu.

Bukan Dibakar, Begini Cara Buktikan Keaslian Madu Murni

Namun berkasnya selalu dikembalikan Kejati Riau dengan alasan belum melangkapi unsur yang dibutuhkan sesuai dengan hukum yang berlaku.
 
Karena itu, belakangan Polda Riau dan Kejati sepakat mengambil keterangan saksi ahli dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Departemen Kehutanan RI. Hadiatmoko mengatakan, kesimpulan Kementerian Lingkungan Hidup menunjukkan 14 perusahaan itu tidak terbukti merusak lingkungan.

Hadiatmoko mengatakan, Departemen Kehutanan RI juga menyebutkan dari 14 perusahaan itu hanya satu perusahaan yang dinyatakan tidak berizin. "Jadi, hanya satu yang akan kami ajukan ke pengadilan," katanya.
 
Sebelumnya, Mabes Polri menangkap pengurus 14 perusahaan itu dengan tuduhan pembalakan liar pada Februari 2007 silam. Mabes Polri menyegel dua juta meter kubik kayu alam di areal dua pabrik kertas raksasa di Riau.
 
Laporan: Hafiz Hasian - Riau

Presiden RI terpilih Prabowo Subianto menghadiri acara ulang tahun adik Tien Suharto, Siti Hardjanti Wismoyo di Gedung Perwayangan TMII, Jakarta Timur, Kamis, 25 April 2024

Resmi Jadi Presiden Terpilih, Prabowo Tak Akan Mundur dari Jabatan Menhan

Setelah ditetapkan sebagai presiden RI terpilih periode 2024-2029 Prabowo dipastikan tidak akan mundur dari jabatannya saat ini selaku Menteri Pertahanan RI.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024