Nikah Massal di Usia Senja

Di penghujung tahun 2008 ini, mungkin saat yang paling berbahagia bagi 727 pasangan calon pengantin. Meskipun pagi ini cuaca mendung, namun raut wajah mereka sangat cerah.

Selasa, 23 Desember 2008, ratusan pasangan calon pengantin  ini, akan menikah massal di Masjid Assahar yang berada di belakang Kantor Walikota Jakarta Barat, Puri Kembangan, Jakarta Barat. Mereka berasal dari delapan kecamatan di Jakarta Barat.

Rupa-rupa yang menikah. Ada yang pedagang, kuli bangunan dan bahkan pengangguran. Begitu juga umur pasangan yang menikah, mulai dari yang paling muda dan yang paling tua.

Mas'ud, 70 tahun dan Mardiah, 59tahun adalah pasangan yang paling tua yang akan melaksanakan ijab kabul di depan penghulu.

Kepada VIVAnews, Marni yang kerap mengumbar senyum  malu-malu mengungkapkan rasa bahagia hari ini. "Saya sudah tiga  kali menikah," kata Marni.

Marni berharap pernikahan ini adalah yang terakhir. Wanita berkerudung hijau ini enggan mengungkapkan kegagalan pernikahan dia sebelumnya. "Malu," katanya sambil tersenyum.

Ungkapan senada juga diungkapkan Mas'ud. Namun Mas'ud  hanya mengumbar senyum sambil memegang tangan calon istrinya. Ya bahagia lah," kata warga Joglo, Jakarta Barat ini.

Sedangkan pasangan yang paling muda adalah pasangan Abdul Azis, 27 tahun dan Susanti, 22 tahun.

Syaikhu Bicara Peluang PKS Gabung dengan Pemerintahan Prabowo-Gibran

Rencananya ratusan pasangan ini akan dinikahkan 12 penghulu dari Kantor Urusan Agama yang tersebar di Jakarta Barat pada pukul 09.30 WIB.

Acara  pernikahan massal ini, akan diresmikan Walikota Jakarta Barat Djoko Ramadhan.

Pasangan yang paling banyak ikut dalam nikah massal ini berasal dari kecamatan Kalideres Jakarta Barat, sebanyak 300 pasangan.

Pasien Imunodefisiensi Primer Minta Pemerintah Masukkan Terapi IDP ke dalam Formularium Nasional
Surya Paloh temui Cak Imin di Nasdem Tower, Selasa 23 April 2024

Surya Paloh dan Cak Imin Sepakat: Kita Tutup Buku Lama, Buka Buku Baru

Menurut Surya Paloh, PKB dan Nasdem memiliki tugas untuk memperkuat seluruh aspek kehidupan dalam satu bangsa.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024