Emil Persoalkan Arah Pembangunan Jawa

VIVAnews - Dewan Pertimbangan Presiden RI, Prof Dr Emil Salim mempertanyakan konsep pembangunan Pulau Jawa. Jawa dinilai berlahan subur sehingga tidak tepat jika arah pembangunannya adalah sebagai pulau industri.

"Seharusnya pemerintah bisa melihat Swiss atau Singapura, bagaimana kota-kota mereka bisa menjadi sumber jasa," ujar Emil dalam 'Dialog Nasional Penanganan Krisis Ruang dan Lingkungan Pulau Jawa', Selasa, 23 Desember 2008.

Emil menjelaskan bahwa penduduk Indonesia yang tinggal di Pulau Jawa adalah penduduk yang tingkat pendidikannya tinggi. Bisa diakui dengan tingginya indeks pembangunan manusia di Pulau Jawa, maka potensi sumber jasa jauh lebih menguntungkan dibanding pembangunan industri.

Kerugian yang timbul akibat pembangunan Pulau Jawa sebagai pulau industri adalah ongkos biaya tak terduga menjadi lebih mahal. Dicontohkan bagaimana air tanah susut, polusi meningkat, dan banyak daya dukung lingkungan menjadi rusak.

Tak heran jika sebagian besar penduduk di Jawa merasakan suasana tempat tinggal yang tidak nyaman. Perubahan iklim dan banjir sudah menjadi bencana yang tidak bisa diprediksi.

Emil memaparkan bagaimana kesuburan tanah di Jawa empat kali lebih subur dibanding Sumatera dan enam kali lebih subur dibanding Kalimantan. Namun akibat pembangunan jalan untuk mendukung industri, banyak lahan subur menciut. Dalam hal ini Emil mempertanyakan, perhitungan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional dalam konsep pembangunan wilayah.

Emil berharap fokus kebijakan kewilayahan Pulau Jawa, memperhatikan identifikasi Daya Dukung Lingkungan. Pedoman ini diperlukan dalam rencana tata ruang Pulau Jawa untuk pembangunan kota, kawasan lindung dan jalan.
 
Masalah ini menjadi penting karena arti sebenarnya dari pembangunan itu adalah optimalisasi wilayah dengan dukungan teknologi tanpa merusak jejaring ekosistem disuatu wilayah.

4 Tim Lolos 8 Besar Piala Asia U-23, Indonesia Siap Nyusul?
Pengendara Motor Tabrak BMW Seri 5

Tidak Fokus Berkendara, Pengendara Motor Tabrak BMW Seri 5

Baru-baru ini, beredar video viral menunjukkan peristiwa kecelakaan pengendara motor menabrak mobil BMW Seri 5 yang sedang ingin menyeberang dari sisi kanan jalan ke arah

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024