Piala AFF 2008

Vietnam Lebih Percaya Diri

VIVAnews - Vietnam punya kisah buruk saat bertemu Thailand di babak penyisihan Grup B Piala AFF 2008. Di leg pertama babak final yang akan digelar di Stadion Rajamangala, Bangkok, Rabu, 24 Desember 2008, Vietnam bertekad membalik cerita buruk itu menjadi awal sebuah pesta. 
 
Pada babak penyisihan, Vietnam harus mengakui ketangguhan tuan rumah Thailand. Duel pertama keduanya di Piala AFF 2008 digelar di Phuket, 6 Desember 2008. Saat itu, Vitenam harus mengakui ketangguhan Thailand 0-2.
 
Kekalahan itu membuat peluang Vietnam ke babak semifinal menipis seiring kemenangan 3-0 Malaysia atas Laos. Vietnam pun dipaksa untuk bekerja keras di dua pertandingan berikutnya. Beruntung pasukan Henrique Calisto mampu melwatinya dengan kemenangan dan memastikan diri tampil di semifinal. 
 
Vietnam kembali mendapat kesempatan untuk bertemu Thailand. Tapi kali ini di partai yang lebih besar, yakni babak final Piala AFF 2008.  Vietnam lolos setelah di babak semifinal berhasil mengalahkan Singapura dengan agregat 1-0. 
 
"Pemain kami sudah lebih berkembang. Pemain juga akan bermain lepas dan akan tampil lebih percaya diri," kata Calisto seperti dilansir situs resmi Piala AFF 2008, Selasa, 23 Desember 2008. 

”Kami harus memilih cara terbaik untuk bisa mengalahkan Thailand," ujar Calisto. 
 
Meski demikian, pelatih asal Portugal itu sadar bahwa tak mudah untuk mengalahkan Thailand di hadapan publiknya. Apalagi dengan rekor fantastis yang dimiliki tim Negeri Gajah Putih itu selama tampil di Piala AFF 2008. 
 
Dari 5 kali pertandingan, Thailand belum sekalipun terkalahkan. Bahkan tim besutan Peter Reid itu baru kemasukan satu gol saat bertemu Indonesia di leg kedua babak semifinal yang digelar di Stadion Rajamangala, Bangkok, 20 Desember 2008. 

Selain silaunya rekor bertanding tim lawan, Calisto juga dihadapkan pada sederet permasalahan yang menimpa timnya. Salah satunya adalah absennya pemain bertahan  Doan Viet Cuong akibat terkena kartu merah saat bertemu Singapura.

Selain itu, kondisi pemain-pemainnya juga tidak bugar. Selain ketatnya jadwal pertandingan, pemain-pemain Vietnam baru saja tampil di dua daerah yang punya perbedaan suhu yang mencolok, yakni Hanoi dan Singapura.

"Kami baru menghadapi dua pertandingan lawan Singapura dengan kondisi cauaca yang berbeda. Di Hanoi pemain tampil dalam udara dingin, sedangkan di Singapura kami main di tempat yang panas. Karena itu, satu-satunya yang saya khawatirkan dalam pertandingan ini hanyalah recovery pemain,” tandas Calisto.

Prediksi Line Up
Vetnam (4-4-2)
Pemain : Duong Hng Son (g); Pham Than Luong, Le Phuoc Tu, Vu Nhu Thanh, Huynh Quang Tnanh; Nguyen Vu Phong, Nguyen Minh Chau, Phan Van Tai Em, Le Tan Tai; Nguyen Quang Hai, Le Cong Vinh
Pelatih : Henrique Calisto

Yusril Sindir Mahfud soal Narasi dan Petitum Gugatan Sengketa Pilpres Tak Sejalan
Drama Korea Night Has Come

Simak Profil Pemain Drakor Night Has Come, Dipenuhi Oleh Aktor dan Aktris Populer!

Teruntuk para penggemar drama Korea (Drakor) bergenre misteri dan thriller, drama Night Has Come wajib masuk ke dalam daftar nonton untuk mengisi waktu luang!

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024