Indonesian Political Marketing Research

Mayoritas Pemilih Tandai Logo Partai

VIVAnews - Calon legislator nomor urut 1 bagaimanapun juga tetap beruntung meski putusan Mahkamah Konstitusi menyatakan calon legislator ditetapkan dengan suara terbanyak. Soalnya, survei Indonesian Political Marketing Research menemukan mayoritas pemilih menandai logo partai bukan nama calon.

Dengan menandai logo partai --yang tetap dianggap sah-- maka suara jatuh berdasarkan nomor urut. Berdasarkan fakta ini, nomor urut 1 masih menikmati limpahan suara yang besar dalam Pemilu nanti.

Survei yang dilakukan minggu pertama sampai ketiga November 2008 melibatkan 16.800 responden itu menemukan, 54 persen pemilih menandai logo partai dan sisanya menandai nama calon legislator. Logo dipilih karena sebagian besar pemilih (94 persen) dalam survei yang dilakukan berbasis daerah pemilihan itu tidak mengetahui calon legislator.

Survei ini juga menemukan, baru 69 persen pemilih menyatakan pasti ikut menyalurkan hak pilih, 26 persen belum memutuskan dan 5 persen menyatakan tak akan memilih.

Survei ini dilakukan serentak di 77 daerah pemilihan. Responden dibagi berdasarkan kuota jenis kelamin, status ekonomi & sosial dan usia. Tingkat kepercayaan 95 persen, dengan margin of error 0,75 persen.

Momen Pratama Arhan Peluk Mesra Azizah Salsha Usai Timnas Indonesia Lolos Piala Asia U-23
NewJeans

Min Hee Jin dari ADOR Ngaku Konsultasi dengan Dukun Tentang BTS

Semua mata tertuju pada ADOR dan HYBE saat Min Hee Jin menyerukan konferensi pers pada 25 April. Min Hee Jin mengaku berkonsultasi dengan dukun tentang BTS.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024