2010, Pertamina Tak Lagi Kuasai BBM Subsidi

VIVAnews - Pemerintah akan mengarahkan pasar bahan bakar minyak bersubsidi dari sistem monopoli ke pasar oligopoli. Saat ini distribusi BBM subsidi hanya didistribusikan oleh PT Pertamina. Sedangkan dalam pasar oligopoli merupakan penawaran satu jenis barang yang dikuasai oleh beberapa perusahaan.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Purnomo Yusgiantoro mengatakan, kebijakan tersebut merupakan hasil rapat koordinasi menteri-menteri bidang perekonomian. "Sesuai UU Minyak dan Gas, secara bertahap distribusi BBM tidak hanya dilakukan Pertamina," ujar dia di sela penyerahan surat penugasan pendistribusian BBM bersubsidi 2009 kepada Pertamina, di Kantor BPH Migas, Jakarta Rabu, 24 Desember 2008.

Menurut dia, kendati nantinya pasar BBM diarahkan berbentuk oligopoli, pemerintah tetap menginginkan Pertamina sebagai penguasa pasar (market leader). "Pemerintah juga tidak ingin membuka pasar BBM secara liberal murni," katanya. 

Pemerintah hanya ingin Pertamina tidak sendiri dalam mendistribusikan BBM. "Harus ada pendamping lain," katanya. "Saat ini memang hanya Pertamina, karena dia yang paling siap."

Purnomo mengatakan, dalam menunjuk badan usaha dalam mendistribusikan BBM bersubsidi, pemerintah tidak bisa gegabah, karena menyangkut kepentingan masyarakat. Purnomo juga meminta Pertamina menjalankan tugasnya dengan baik, sehingga kelangkaan BBM tidak terulang. 

Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas sebagai badan pengawas pendistribusian BBM, Purnomo meminta melakukan pengawasan lebih ketat. Pola distribusi BBM dengan sistem terbuka yang rawan penyelewengan dan penyelundupan.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Jenderal Minyak dan Gas Evita Herawati Legowo menuturkan, sistem oligopoli direncanakan pada 2010. "Awal tahun depan sudah dilakukan proses beauty contest terhadap badan usaha swasta," kata dia.

Setelah itu, pertengah tahun sudah ditentukan pemenang yang akan mendampingi Pertamina. "Pemenang diberi enam bulan untuk menyiapkan infrastruktur," katanya.

Mudik Pakai Mobil Listrik, Perhatikan Suhu Cuaca dan Ban
Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar, Persiapan Langkah Hukum Paslon AMIN

Cak Imin Dikabarkan Maju Pilgub Jatim, PKB Ingin Fokus di MK Dulu: Tidak Lama Hanya 14 Hari

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa, Muhaimin Iskandar alias Cak Imin, dikabarkan bakal maju dalam Pilkada Serentak 2024. Ia dikabarkan akan maju pada Pilgub Jawa Timur.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024