Si Kecil yang Bermanfaat Besar

VIVAnews – Mikroba atau mikroorganisme adalah penghuni paling kecil di bumi. Ukurannya hanya kurang dari satu milimeter. Saking kecilnya, meski mereka hidup di sekitar kita, tapi kita tak bisa melihat bentuknya. Namun, jumlahnya paling banyak  bumi kita. Bayangkan saja, jumlahnya sampai bertriliun-triliun.

Jika teman-teman ingin melihatnya, kita butuh alat, yang namanya mikroskop. Dengan bantuan alat itu, kita bisa melihat ada sekumpulan makhluk dengan berbagai ukuran. Mikroba yang berukuran sangat kecil pun dapat terlihat jelas. Kita pun bisa melihat bentuk dan warna aslinya.

Melihat mikroba dengan bantuan mikroskop biasanya dilakukan oleh para peneliti. Mereka sering disebut mikrobiologis. Hasil penelitiannya bisa berupa obat, vaksin dan campuran untuk membuat makanan. Jika teman-teman suka mempelajari mikroba, nantinya bisa menjadi seorang mikrobiologis. Yaitu seseorang yang meneliti mikroba agar bisa berguna bagi kehidupan manusia.

Sekarang, yuk, kita mengenal lebih jauh tentang mikroba. Tahukah teman-teman, ternyata ada jenis mikroba yang dapat membuat makanannya sendiri, lho. Jenis ini disebut autotrof. Contohnya seperti, thiobacillus, nitrosomonas, nitrobacter. Dan, ada juga yang bersifat heterotrof.  Yang satu ini kerjanya memakan organisme lain untuk memenuhi rasa laparnya. Contohnya, candida albicans dan trichopnyton rubrum.

Mikroba ini cara hidupnya juga ada dua jenis. Ada yang bisa hidup sendiri dan ada yang hidup secara berkelompok. Mikroba yang bisa bertahan hidup sendiri yaitu protozoa. Sedangkan, mikroba yang berkelompok, dan saling bekerjasama untuk bertahan hidup. Contohnya fungi atau jamur.

Contoh dari mikroba antara lain jamur, virus dan bakteri. Tapi, tahukah teman-teman, kalau tidak semua virus dan bakteri dapat merugikan kesehatan. Ada juga yang menguntungkan, lho. Seperti jamur tempe (rhizopus oligosporus). Dan, yang tidak kalah hebatnya adalah mikroba yang menghasilkan obat antibiotik yaitu penicilium notatum, yang ditemukan oleh Alexander Flemming.

Jadi, meskipun ukurannya sangat kecil tetapi mikroba ini sangat bermanfaat bagi kehidupan Kita semua.

Unas Bentuk Tim Pencari Fakta Usut Dugaan Plagiat Prof Kumba Digdowiseiso
Gua Milana

Pemain Bintang Jakarta Pertamina Enduro Tampil di Laga Persahabatan Lawan Red Sparks

Sejumlah pemain bintang Jakarta Pertama Enduro tampil dalam laga persahabatan melawan Red Sparks

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024