JPPR: Persiapan Pemilu 2009 Menurun

VIVAnews - Koordinator Jaringan Pemantau Pemilih untuk Rakyat atau JPPR Jerry Sumampao menilai, persiapan pelaksanaan pemilu secara kualitatif pada tahun 2009 yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum jauh menurun dibandingkan dengan tahun 2004.
 
Hal itu didasari dengan masih banyaknya permasalahan baik pada tingkat regulasi, sosialisasi, dan anggaran masih kacau. "Secara substansial, hampir semua elemen bermasalah baik dari KPU sendiri maupun pemerintah," kata Jerry saat dihubungi VIVAnews, Jumat 26 Desember 2008.
 
Padahal, menurut Jerry, pelaksanaan pemilu tahap pertama atau pemilu legislatif tinggal menghitung bulan. Namun, persiapan yang dilakukan oleh KPU belum maksimal. "Hampir semua kalangan menilai akan ada penundaan," terang Jerry mengomentari pernyataan Gus Dur soal penundaan pemilu.
 
Namun, lanjut Jerry, akan menjadi masalah besar pula jika pelaksanaan pemilu diundur. Sebab, hal itu akan mempengaruhi pemilihan Presiden. "Dalam konstitusi kita tidak ada mekanismenya jika pemilu diundur," jelasnya.
 
Seharusnya, kata Jerry, KPU dalam waktu yang sempit ini harus melakukan langkah-langkah yang cepat dengan cara melakukan koordinasi dengan pemerintah. Sehingga, persiapan dan implementasi menghadapi pemilu bisa lebih maksimal.
 
Selain itu, pemerintah diminta harus lebih pro aktif dalam mendukung anggaran bagi penyelenggaraan pemilu. Sebab, kalau tidak, akan mengganggu persiapan pemilu. "Masih banyak kantor panitia pengawas daerah menyewa tempat lain," ungkap Jerry.

Guru dan IRT Jadi Korban Pinjol Ilegal Terbanyak, OJK: Cek Legalitas dan Logis Sebelum Pinjam
Sistem Tata Surya.

NASA Sebut Ada Lebih dari 5.000 Planet di Luar Tata Surya, Begini Penjelasannya

 NASA telah mengumumkan keberadaan lebih dari 5.000 planet di luar Tata Surya kita, secara tepatnya 5.005 planet, yang sekarang tercatat dalam arsip eksoplanet mereka.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024