UU Pemilu

Putusan MK Mundurkan Gerakan Perempuan

VIVAnews - Pergerakan Perempuan Kebangkitan Bangsa menilai keputusan Mahkamah Konstitusi mengenai penggunaan suara terbanyak dalam penentuan anggota legislatif dianggap sebagai bentuk kemunduran terhadap pergerakan perempuan.

Ketua Umum DPP PPKB, Badriyah Fayumi, mengatakan peluang kawan-kawan aktivis yang sebelumnya mendapatkan nomor urut bagus, harus kalah dengan calon yang memiliki popularitas dan modal besar.

"Jelas para perempuan yang tidak punya modal besar akan menjadi ciut nyalinya, karena tidak ada dukungan dari segi logistik dan finansial," katanya dalam acara catatan akhir tahun 2008 dan Refleksi Pergerakan Perempuan Kebangkitan Bangsa (PPKB) di DPP PKB, Kalibata, Jakarta Selatan, Jumat 26 Desember 2008.

Padahal dengan diundangkannnya keterwakilan perempuan 30 persen di legislatif dan parpol, tentu akan memperkuat posisi perempuan di politik, dan sebagai buah perjuangan perempuan.

Terkait dengan keputusan MK bahwa pemilihan legislatif didasarkan pada hasil suara terbanyak, dirinya menyadari hal ini berdampak pada affirmative action yang terus kami perjuangkan dalam rangka memenuhi kouta 30 persen perempuan di legislatif.

Meskipun demikian, PPKB menghargai keputusan MK. "Kita tidak patah arang, oleh karena itu kami mendorong kepada caleg perempuan agar mencari strategi yang tepat untuk mendapatkan suara pemilih dengan meningkatkan kualitas diri," ungkapnya.

Dengan cara mengikuti latihan kepemimpinan, melakukan sosialisasi dan lebih banyak terjun untuk merebut suara rakyat pemilih dengan tetap memegang tetap etika pemilu dan demokrasi. "Kita tidak memutuskan untuk golput, karena kita warga yang taat hukum. Tapi yang pasti pergerakan perempuan akan semakin berat," tegasnya.

Sementara itu, Ketua I DPP PPKB, Saidah Sahwan mengatakan, dengan adanya keputusan MK diprediksi untuk caleg perempuan PKB di Pusat yang jadi 2-3 orang saja. "Salah satunya incumbent," imbuhnya.

Tidak Fokus Berkendara, Pengendara Motor Tabrak BMW Seri 5
Azizah Salsha dan Pratama Arhan

Viral Curhat Pratama Arhan ke Azizah Salsha Usai Timnas U-23 vs Australia Bikin Gemes Netizen

Usai pertandingan tersebut, ternyata Pratama Arhan langsung curhat kepada sang istri, Azizah Salsha melalui pesan singkat.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024