Mengusir Lapar Semu

VIVAnews - Pernah mengalami lapar yang berlebihan akibat stres? Jika sering, sebaiknya jangan  biarkan keadaan emosi menyetir nafsu makan Anda. Sebab, lapar yang Anda rasakan saat stres, bukanlah rasa lapar yang sebenarnya, melainkan rasa lapar semu. Bila ini disadari, Anda bisa mencegah rasa lapar ini sebelum tubuh Anda semakin melar. Nah, agar makan berlebihan gara-gara stres tak berkelanjutan, ikuti kiat di bawah ini.

1. Jangan lewatkan sarapan
Melewatkan sarapan bisa berarti memulai hari dengan langkah salah. Percaya atau tidak, hal itu bisa membuat Anda makan berlebihan sepanjang hari. Soalnya, pikiran Anda akan mengesahkan kerakusan Anda dengan alasan, “Toh, saya tidak makan pagi, jadi boleh, dong, ngemil yang agak berat daripada biasanya....”

2. Makanlah hanya ketika lapar
Sebelum melahap sesuatu, yakinkan lagi diri Anda, apakah Anda benar-benar sedang merasa lapar dan butuh makanan. Jika jawabannya ‘ya,’ nikmatilah setiap suap makanan Anda. Setelah merasa kenyang, berhentilah makan untuk 4 jam ke depan. Namun, jika jawabannya ‘tidak’, jangan sekali-kali menyentuh atau mencari-cari makanan. Karena mungkin saat itu Anda lebih membutuhkan hal lain ketimbang makanan.

3. Siasati waktu kenyang
Bagian ini merupakan hal yang paling sulit untuk dipraktekkan. Rasa kenyang, menurut beberapa ahli, baru akan datang 20 menit sehabis makan. Ini dapat Anda siasati dengan makan perlahan-lahan dalam porsi suap yang kecil-kecil saja. Isi dulu perut dengan air putih. Santap dulu sayuran, baru yang lainnya. Jadi, ketika periode 20 menit  itu Anda lewatkan, makanan yang masuk belum begitu banyak. Dengan kata lain, makan sedikit pun sudah membuat Anda kenyang. 

4. Selingan hangat
Minuman hangat dapat dengan segera menimbulkan rasa kenyang, setidaknya untuk beberapa waktu, menunggu waktu makan tiba. Jadi, daripada makan kue cokelat, lebih baik buru-buru menyeduh teh hangat dan menyeruputnya (sebaiknya tidak memakai gula karena kalorinya cukup tinggi). Cara ini  ampuh untuk mengecohkan rasa lapar yang semu.

5. Siapkan makanan berserat
Jika Anda belum berhasil menenangkan diri tanpa makanan, ada strategi lain yang cukup jitu. Ganti stoples berisi kacang atau kue keju di meja kerja Anda dengan beberapa buah (apel, pir, pisang), roti gandum, atau selada buah.

1 Poin dari Markas Persib Cukup Membuat Bhayangkara FC Bersyukur

Tubuh memerlukan waktu lebih panjang  untuk mencerna makanan tinggi serat. Artinya, sehabis menyantapnya, Anda akan merasakan kenyang lebih lama. Nilai tambahnya: Anda tak harus merisaukan kalori yang masuk karena kalorinya rata-rata rendah.

Game MMORPG Tarisland.

Game MMORPG Tarisland Siap Menggebrak, Ada Streamer Indonesia

Nimo secara khusus mengundang game MMORPG Tarisland yang sangat dinantikan-nantikan. Para tamu yang diundang, di antaranya streamer Depinaa dari Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024